Yuk, Kenali Industri Kreatif Digital Masa Kini

Industri kreatif saat ini menjadi industri yang paling banyak berkontribusi untuk perekonomian negara kita. Kreativitas masyarakat Indonesia tentunya nggak kalah dengan masyarakat di negara lainnya, terbukti hingga kini mereka bisa bersaing dan membanggakan negeri.

Terutama dalam subsektor kreatif digital, makin banyak produk yang menunjang kegiatan sehari-hari, yang artinya kegiatan ekonominya pun semakin meningkat. Kamu pasti sudah nggak asing lagi kan sama aplikasi-aplikasi kekinian di smartphone?

Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Industri jenis kreatif digital adalah kegiatan produksi yang menghasilkan produk atau jasa yang menggunakan unsur teknologi atau digital. Produk teknologi yang dihasilkan biasanya menjadi solusi bagi permasalahan di kehidupan sehari-hari.

Misalnya kamu mau pergi ke suatu tempat tapi buru-buru, kamu bisa pesan ojek online yang siap nganterin kamu ke mana saja, ongkosnya pun nggak mahal, kan? Contoh lainnya, kamu mau belanja tapi malas keluar, tinggal buka marketplace online, kemudian langsung pesan barang yang kamu mau. Mudah, kan?

Kontribusi ekonomi yang diberikan untuk negara juga gak perlu diragukan lagi, terutama dalam bidang memberantas pengangguran. Jadi banyak orang yang punya kerjaan baru, baik itu jadi ojek online atau buka bisnis sendiri dengan fasilitas yang ada di market place.

3 Industri Kreatif Digital di Indonesia

Indonesia sudah cukup banyak memiliki industri yang bergerak di bidang kreatif digital, dan bisa dibilang sukses dalam membangun lapangan kerja juga mengembangkan kreativitas setiap pelaku bisnisnya. Di bawah ini ada 3 industri yang berpotensi besar untuk berkembang pesat:

1. Industri Software

Layanan komputer dan perangkat lunak (software) menjadi industri pertama yang dalam kategori kreatif teknologi. Produknya berupa pembuatan website, iklan di internet, desain sistem, dan pengolahan data. Jasa tersebut dinilai sangat menjanjikan dan berpeluang besar bagi orang-orang yang menekuninya.

Jika kamu mau punya pekerjaan dalam bidang ini, kamu akan melayani berbagai kebutuhan perusahaan atau individu dalam bidang teknologi. Contoh yang lebih sederhananya, yaitu membuat iklan untuk online shop di berbagai sosial media atau website.

Kamu juga pasti sudah tahu, kan online shop zaman sekarang semakin banyak? Nah, di situlah kesempatan kamu untuk memberikan jasa layanan ini sampai bisnis mereka bisa berkembang. Dijamin deh skill kamu pasti terus dibutuhin, apalagi kedepannya pasti lebih banyak online shop baru.

2. Industri Game

Industri game jadi posisi kedua di kategori kreatif digital ini, omzet para pelaku bisnisnya semakin melejit beberapa tahun ke belakang. Orang-orang semakin banyak bermain game, para pelaku bisnisnya juga semakin banyak mendapat keuntungan.

Kreasi game yang didesain untuk mengasah pikiran dan ketangkasan punya peminat yang sangat membludak. Kamu mungkin udah gak asing lagi sama turnamen game online? Mereka yang sudah terlatih dan jago main, bakalan bersaing buat dapetin hadiah dan gelarnya.

Industri ini juga bisa dibilang berhasil membuat lapangan kerja baru. Meskipun nggak sebanyak subsektor lain, tapi setidaknya ada beberapa orang yang sangat sukses karena sering main game. Kontribusinya di perekonomian Indonesia juga cukup besar dari tahun ke tahun.

3. Industri Musik

Musik juga masuk ke kategori ini, nggak cuma para musisi yang jadi pelaku bisnis di sini, tapi juga para penyedia layanan aplikasi pemutar musik di smartphone. Sebagai anak milenial kekinian, kamu juga pasti punya aplikasi musik di HP kamu, kan? Dengerin musik jadi lebih mudah dan nggak ribet.

Para pelaku bisnis menyediakan layanan pemutar musik dengan biaya yang terjangkau, bahkan gratis dengan syarat munculnya iklan di setiap putaran lagu. Inovasi ini berhasil membuat pembajakan musik dapat diberantas.

Di masa pandemi covid ini, industri musik juga punya inovasi baru dengan menggelar konser virtual atau online berbayar. Banyak musisi yang jadi pengangguran karena harus berdiam di rumah saja, tapi kegiatan konser virtual ini berhasil membuat mereka menjadi produktif kembali.

Industri kreatif memang tidak akan ada habisnya, ide dan kreativitas manusia semakin hari semakin berkembang. Ditambah lagi dengan dukungan pemerintah dari segi modal, membuat para pelaku bisnis semakin semangat untuk berkreasi.