Unsur-Unsur Solar

Pada bahan bakar minyak solar, unsur utama bahan bakar ini terdiri dari dua unsur pokok yaitu normal cetane (C16H34) dan a-methyl naptalene (C16H7CH3). Selain kedua unsur pokok tersebut, unsur-unsur pada minyak solar sama dengan unsur-unsur pada bensin, namun pada solar kandungan sulfur lebih besar dibandingkan dengan bensin.

 

Angka cetane (cetane number)

Pada mesin diesel kecepatan tinggi bahan bakar yang cocok digunakan adalah minyak solar. Faktor penting untuk menentukan banyaknya perbandingan kompresi maka pada bahan bakar bensin kita kenal dengan istilah angka oktan tetapi pada bahan bakar diesel kita kenal dengan istilah angka cetane. Sifat-sifat detonasi (knocking) pada motor diesel ditunjukkan oleh angka cetane. Semakin tinggi angka cetane pada bahan bakar solar maka solar tersebut akan lebih mudah menyala.

Untuk menentukan angka cetane maka digunakan bahan bakar yang memiliki nilai standar yaitu memiliki campuran dari normal cetane (C16H34) yang memiliki jangka waktu pada periode pembakaran tertunda yang sangat pendek, dengan a-methyl naptalene (C16H7CH3) dalam satuan volume.

Bahan bakar solar yang diukurĀ  dengan flow meter tokico dibandingkan dengan bahan bakar solar dengan nilai standar dan perbandingan angka cetane yang dikandung dibanding dengan bahan bakar standar merupakan angka cetane dari bahan bakar solar yang diukur.