Top 8 Manfaat Daun Saga Beserta Ciri-Cirinya

Top 8 Manfaat Daun Saga Beserta Ciri-Cirinya – Kemungkinan sedikit yang mengetahui apakah itu daun saga. Walau sebenarnya, jika Anda menyaksikan wujud daunnya, bisa saja Anda sudah mengetahui karena tanaman ini lebih banyak ada disekitaran rumah. Kenyataannya, faedah daun saga baik sekali untuk badan.

Ya, daun saga kerap kali tidak diakui kehadirannya. Daun bernama latin Abrus precatorius L. ini memiliki ukuran kecil, bersirip ganjil, dan mempunyai rasa cukup manis.

Jika mendapati daun saga, seharusnya Anda gunakan secara baik. Tapi, jangan mencoba bermain-main dengan bijinya. Dijumpai, bijinya benar-benar beracun dan dapat membunuh manusia.

Sedang, daunnya dipercayai mempunyai kandungan yang bagus untuk badan hingga jadi ramuan obat tradisionil di Indonesia.

Walau belum kebanyakan kedengar, kenyataannya daun saga masih tetap punyai faedah yang mengagumkan. Menurut beragam riset, tumbuhan ini benar ada senyawa flavonoid (antioksidan),

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Yok, kenali beberapa faedah penting daun saga berikut:

  1. Menahan Diabetes dan Kanker

Karena memiliki kandungan anti-oksidan, daun saga dijumpai mempunyai faedah yang bagus untuk badan. Anti-oksidan lama dikenali sanggup mencegah radikal bebas pada tubuh yang umumnya mengakibatkan penyakit kanker dan diabetes.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Jika sudah terkena sariawan, umumnya kegiatan makan dan bicara jadi terusik. Nach, daun saga dikenali lama sanggup menangani sariawan.

Mengambil daun saga yang telah dikeringkan di bawah cahaya matahari. Kunyah daunnya, tetapi tidak boleh ditelan. Disamping itu, Anda bisa juga membuat obat kumur alami sama air rebusan daun saga.

Rebus 10 gr daun saga dengan 1/2 liter air hingga mendidih. Saring dan pakai air rebusan 2-3 kali satu hari.

  1. Menantang Bakteri Jahat

Dalam sebuah riset, daun saga dijumpai memiliki kandungan senyawa saponin. Kandungan senyawa itu bermanfaat sebagai antibakteri pada kandungan 0,09%.

Hasil pengetesan pada konsentrat daun saga yang didapatkan ialah sejumlah 1,19% yang memiliki arti positif sebagai antibakteri karena sudah melalui batasan minimal pengetesan awalnya.

  1. Menangani Diare

Rupanya, daun saga dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan diare, lho. Rebusan daun dan tangkai saga dijumpai dapat menangani penyakit itu dan permasalahan pencernaan yang lain.

 

Baca juga: 11 Obat Maag Kronis Tradisional Tetap Ampuh Perlu di Coba

 

  1. Menurunkan Panas Dalam

Sama dengan sariawan, panas dalam bukan termasuk permasalahan kesehatan berat. Tetapi, jika sudah alami ini, tentu Anda berasa tidak nyaman, kan?

Untuk menurunkan panas dalam, mengambil sekitaran 10-15 daun saga dan bersihkan sampai bersih. Rebus daun saga dengan dua gelas air, dan mengambil 1/2 dari air yang masih ada. Tunggu hingga dingin, saring, selanjutnya dapat diminum.

  1. Tingkatkan Gairah Makan

Anda bisa juga memercayakan faedah daun saga untuk tingkatkan selera makan. Daun saga memiliki kandungan vitamin B yang berperan menolong menambahkan selera makan.

  1. Menjaga Rambut Rontok

Rambut Anda gampang rontok? Coba menggunakan daun saga untuk perawatan. Lumatkan biji saga, lalu campur sama air beras untuk menolong menangani rambut rontok dan menjaga keelokan rambut.

 

Baca juga: Manfaat lobak putih untuk wajah

 

  1. Menangani Sakit Perut

Dalam penyembuhan tradisionil Afrika Timur, beberapa orang di situ menangani sakit di perut dengan daun saga yang dibuat jadi juice atau langsung dimakan.

Tetapi, sakit di perut umumnya bisa ditangani dengan minum air putih yang cukup buat memperlancar dan keluarkan toksin melalui BAB, dan istirahat.

Luar biasa sekali, ya, manfaat daun saga di atas. Beberapa literatur mengaitkan, daun saga lumayan menjanjikan sebagai agen obat multi-fungsi karena mempunyai program farmakognostik dan farmakologis yang paling prospektif.

Itu jejeran faedah daun saga yang dapat dicoba sebagai penyembuhan alami.