Tips Wisata Bali untuk Kenikmatan dan Keamanan Selama di Bali

Kita tahu bahwa Bali sering disebut sebagai salah satu surga dunia, tapi apa jadinya surga tanpa keamanan yang baik? Sama seperti destinasi wisata lainnya, ada juga berbagai jenis, katakanlah (mungkin), “jebakan”, dari masyarakat lokal untuk mengelabui wisatawan terutama wisatawan asing, terutama ketika mereka tidak mengetahui budaya dan bahasa lokal. Orang-orang tersebut mencoba membujuk (mungkin terkesan sedikit memaksa) wisatawan untuk membeli sarung, pijat, dan banyak lagi, sehingga akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak dapat menikmati liburan Anda dengan nyaman. Mulai dari persiapan sebelum berangkat ke Bali hingga persiapan di pulau itu sendiri, ada beberapa tips wisata Bali yang berguna yang bisa Anda gunakan untuk membantu untuk menyempurnakan liburan Anda.

4 Tips Wisata Bali Terbaik

Pilih Musim yang Tepat

Kita tahu bahwa di Indonesia – termasuk Bali – memiliki cuaca tropis dengan dua musim. Dari Oktober hingga April adalah musim hujan, jadi Anda mungkin ingin menghindari musim ini untuk berlibur ke pulau ini. Anda tidak ingin basah kuyup saat berjalan-jalan di pantai atau tidak bisa makan malam di tepi pantai dengan hujan deras yang turun sepanjang hari. Namun, Anda mungkin ingin mengunjungi pulau ini selama bulan Desember sampai Februari (musim dingin), bukan Maret sampai Juni (musim hujan). Jika Anda berencana mengunjungi Bali saat musim panas, Anda harus bersiap-siap untuk berkeringat bahkan mungkin dehidrasi, jadi disarankan untuk lebih baik melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Tip penting perjalanan Bali lainnya juga termasuk menghindari mengunjungi pulau ini di musim ramai, di mana sekolah memiliki liburan dan siswa memadati objek wisata. Ini biasanya terjadi antara bulan Juni – Juli. Jika Anda mengunjungi pulau pada musim ini, percayalah, Anda tidak akan mendapatkan kedamaian.

Berkeliling Pulau

Ada banyak penerbangan murah ke Bali sebagai pilihan transportasi bagi para pelancong. Saat Anda tiba di Bandara Internasional, Anda akan menemukan sejumlah taksi, minivan, bus, atau jasa sewa mobil Bali (Bali car rental) yang siap mengantar Anda ke tempat tujuan. Meski harganya relatif murah, lebih baik melakukan kesepakatan dengan pengemudi terlebih dahulu.

Bila Anda berencana untuk tinggal selama beberapa hari di Bali dan tidak menyewa pemandu wisata, Anda dapat menjelajahi pulau eksotis dengan menggunakan kendaraan sewaan seperti sepeda motor, van atau mobil kecil baik untuk dikemudikan sendiri (jika Anda paham seluk beluk pulau ini) atau termasuk sopir. Bantulah diri Anda sendiri dengan melakukan riset untuk tips wisata Bali dan lakukan tawar-menawar sebelum Anda menyetujui harga yang ditawarkan untuk menghindari penipuan.

Akomodasi

Berbicara tentang tempat menginap, ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih. Mulai dari hotel, motel, losmen, villa, rumah pribadi yang disewakan hingga resort tersedia sesuai keinginan Anda, ditawarkan dalam berbagai harga dan dilengkapi dengan fasilitas yang berbeda. Jika Anda seorang budget traveler, pilihan tips wisata terbaik di Bali mungkin adalah hotel atau motel di dekat pantai Kuta. Jika Anda ingin merasakan suasana yang berbeda dari Kuta yang ramai, cobalah Seminyak, Sanur atau Ubud yang menawarkan pilihan yang lebih elegan dan mewah untuk Anda menginap.

Berlibur Di Hari Raya Nyepi

Saat mengunjungi Bali, pastikan Anda mengetahui tradisi lokal mereka. Hari raya Nyepi merupakan hari hening bagi masyarakat Bali (sesuai dengan namanya), dimana mereka tidak akan keluar rumah apapun yang terjadi. Bandara ditutup dan lampu harus dipadamkan pada malam hari (bagi yang merayakan). Perayaan dimulai pada malam sebelumnya, parade ogoh-ogoh di jalan dan diakhiri dengan dibakar di pantai atau di pinggir sungai. Ketika hari ini tiba, Anda tidak akan diizinkan meninggalkan hotel dan berkeliaran di jalan, jadi pastikan Anda sudah memiliki setumpuk stok DVD dan nikmati waktu Anda di kamar hotel.