Tips Ampuh Membasmi Rayap di Rumah

Rayap adalah hewan kecil berwarna putih yang memakan kayu busuk. Namun, bukan tidak mungkin rayap bisa memakan kayu yang bagus seperti yang mereka lakukan di rumah kita.

Jika rayap sudah memakan dan menyerang kayu yang ada di dalam rumah, tentu sangat berbahaya. Karena ini terkait dengan ketahanan rumah kita. Tak hanya itu, jenis serangga ini tidak membahayakan atau merusak bagian manapun dari rumah maupun barang yang ada di dalam rumah.

Berbagai jenis barang di rumah yang rawan serangan rayap antara lain furniture, buku, kabel listrik, telepon, dan barang yang disimpan di ruangan yang lembab dan jarang dibersihkan.

Untuk mencapai tujuannya, rayap bawah tanah dapat menembus dinding bangunan setebal beberapa sentimeter. Terlepas dari bentuk bangunannya, mis. B. slab, basement atau crawl space, dapat ditembus melalui lubang terbuka atau celah yang sangat kecil.

Untuk menjaga rumah Anda tetap aman, berikut adalah cara mudah membasmi rayap di rumah kita!

1. Minyak Tanah

Gunakan minyak tanah untuk mengusir rayap. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak tanah pada kayu yang terinfeksi rayap, atau bahkan menyemprotkannya pada sarang rayap.

Agar lebih efektif, Anda bisa menambahkan minyak serai sebagai pengaduk minyak bumi.

2. Tembakau

Tembakau berguna untuk membunuh tungau, yang biasanya menyerang anak kecil saat mereka bermain di halaman. Tak hanya itu, tembakau juga bisa membunuh rayap.

Agar lebih efektif, ibu dapat mencampur tembakau dan air dan diamkan semalaman untuk menggunakan semua air tembakau.

Kemudian semprotkan air campuran tersebut pada kayu yang terkena atau langsung ke sarang rayap.

3. Garam dapur

Garam juga efektif dalam mengobati rayap. Taburkan saja garam pada sarang rayap, tetapi cara ini kurang efektif karena garam hanya mengenai permukaan.

Agar lebih efektif, Anda bisa mencampurkan garam dengan air dan tembakau. Diamkan satu malam, lalu semprot dan taburi area tersebut dengan rayap.

4. Jus jeruk nipis

Sifat kapur yang panas sangat berbahaya bagi rayap dengan kulit tipis dan lembut. Karena itu, air kapur sirih sangat efektif membunuh rayap.

Caranya adalah dengan menuangkan air putih ke kayu yang terserang atau langsung ke sarang rayap.

5. Air cucian beras

Anda juga bisa menggunakan air pertama dari mencuci beras untuk membasmi rayap. Cukup siram di sekitar sarang rayap untuk membasmi mereka.

6. Termisida

Bahan kimia ini jelas sangat efektif dalam mengusir rayap, tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Caranya adalah dengan menyemprotkannya pada sarang dan kayu yang terserang rayap. Kami merekomendasikan untuk menghindari termisida dan membuat pilihan terakhir.

Lagi butuh jasa pembasmi rayap batam? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.