Tinjauan Dasar Positive Displacement Flow Meter

Keunggulan berasal dari positive displacement flow mtr. ialah kemampuannya menangani model cairan yang korosif maupun cairan bersama dengan viskositas (kekentalan) yang tinggi, dan juga tidak dipengaruhi bersama dengan terdapatnya turbulensi aliran di dalam pipa. Semua cairan yang tidak mampu dimapatkan bakal menempati ruang bersama dengan volume yang sama, sehingga tidak dibutuhkan koreksi terhadap hasil output yang tertulis terhadap flow meter.

Untuk model elektronik, komponen yang berputar punyai magnet untuk mengaktifkan opsi sensor yang terletak di luar ruang fluida. Kinerja sensor perpindahan postive tergantung terhadap rotasi rotor yang segera mengakses ke penghitung mekanis.

Berikut ini adalah saran flow mtr. perpindahan positif beserta tinjauan basic desain, operasi dan keistimewaan berasal dari model flow mtr. ini.

Komponen Utama dan Fungsinya
Walapun tiap-tiap PD flow mtr. punyai desain yang bervarasi tapi punyai komponen utama yang sama, adapun komponen utama yang dimaksud meliputi:
Lubang masuk dan terlihat (intlet plus outlet port)
Ruang ukur (Measuring Chamber)
Satu atau lebih roda gigi (rotor)

Pada bagian awal, aliran fluida bakal masuk lewat lubang intlet dan menambahkan energi terhadap roda gigi. Kecepatan dan arah putaran rotor mirip bersama dengan arah dan energi aliran berasal dari fluida (karena sumber energi putaran roda gigi berasal berasal dari aliran fluida), setelah itu tanda bakal dihimpun oleh transmitter yang terhubung. Setelah itu cairan bakal terlihat berasal dari lubang outlet.

Umumnya flow mtr. ini mengfungsikan dua buah roda gigi, dan mampu disejajarkan secara vertikal maupun horisontal, bentuknya pun mampu berbentuk oval ataupun lingkaran. Penggunaan dua roda gigi tujuannya untuk membuat seal atau segel di dalam ruang pengukuran sehingga semua cairan mampu diukur secara akurat sebelum akan keluar.

Terdapat terhitung desain flow meter perpindahan positif yang mengfungsikan roda gigi berbentuk helix atau sekrup, waktu aja terhitung yang menerapkan satu atau lebih piston atau diafragma yang bakal secara fisik mendorong fluida lewat chamber (ruang).

 

Keunggulan dan Perawatan

Dalam sektor industri berbasis fluida, flow mtr. perpindahan positif memadai dikenal sebab akurasinya, khususnya untuk model yang punyai dua buah roda gigi. Jenis ini terhitung mampu menangani bermacam kapasitas aliran dan karakteristik fluida.

Meskipun roda gigi berkinerja lebih baik dalam aplikasi aliran yang lebih rendah, tapi mampu terhitung menangani tingkat aliran yang tinggi bersama dengan akurasi yang baik. Selain itu, flow mtr. ini terhitung mampu merespon bersama dengan cepat terhadap perubahan situasi aliran, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dan mengirimkan information relatif cepat.

 

Adapun cermat keistimewaan berasal dari model pengukur aliran ini meliputi:

Tingkat akurasi tinggi (dimana 0,5% merupakan standar selisih), tingkat akurasi yang lebih tinggi terhitung tersedia sesuai bersama dengan permintaan.
Kemampuan untuk menangani bermacam tingkatan viskositas fluida, berasal dari <1 cP sampai 500.000 cP.
Kemampuan untuk beroperasi bersama dengan tekanan aliran yang tinggi
Perawatan yang mudah
Ketersediaan suku cadang.

Disamping akurasi yang baik, kesederhanaan desain berasal dari positive displacement flow meters terhitung menambahkan kemudahan untuk kepentingan pembongkaran, sehingga perawatannya tidak begitu sulit. Pembongkaran umumnya hanya memerlukan pelepasan kabel listrik, melepaskan lebih dari satu sekrup body, mengangkat penutup, melepaskan cincin O (O-ring) dan mengakses roda gigi / rotor.

Sebagai peralatan instrumen mekanis membuat flow mtr. ini punyai komponen mekanis di mana bagian-bagiannya sejalan waktu mampu saja aus apalagi rusak sehingga membutukan penggantian. Bantalan umumnya tidak memerlukan pelumas sebab mengfungsikan fluida yang dialirkan sebagai pelumas (khusus minyak). Namun yang wajib diperhatikan ialah roda gigi, khususnya misalnya cairan yang dialirkan mempunyai kandungan konten padat.

Meskipun flow mtr. ini mampu diaplikasikan untuk bermacam cairan, tapi bukan berarti cairan selanjutnya bebas mempunyai kandungan partikel padat di dalamnya. Sebaiknya cairan sudah lewat bagian penyaringan untuk hindari rusaknya terhadap flow meter digital.

Disamping itu, terdapatnya kavitasi (gelembung udara) terhitung mampu membuat efek negatif terhadap komponen, menjadi eliminator hawa sebaiknya di pakai di hulu flow mtr. untuk menahan rusaknya akibat terdapatnya kavitasi dan juga menegaskan pembacaan volume lebih akurat.

Perubahan tekanan mampu saja terjadi waktu proses pengaliran, situasi ini wajib diperhitungkan dalam perancangan sistem. Penurunan tekanan umumnya relatif kecil dan tidak signifikan, tapi misalnya terjadi penurunan tekanan yang besar maka mampu mengakibatkan kerusakan bantalan dan seal.

Meskipun demikian, pabrikan umumnya sudah memastikan nilai tekanan operasi untuk menahan terjadinya keausan dini. Namun yang wajib diingat bahwa perubahan viskositas terhadap cairan yang dipompa mampu membuat perubahan tekanan.

 

Aplikasi

Pada lebih dari satu sektor industri, PD flow mtr. terhitung kerap digunakan untuk kepentingan blending, misalnya pencampuran dua atau lebih model cairan untuk membuahkan model cairan tertentu.

 

Kalibrasi

Kalibrasi merupakan bagian mutlak dalam pengoperasian flow meter, sebaiknya flow mtr. sudah lewat bagian kalibrasi sebelum akan dipergunakan. Flow mtr. yang dikalibrasi bersama dengan baik bakal menambahkan pembacaan volume yang akurat dan tentunya mendukung operator menegaskan proses pengaliran terjadi secara efisien.

Meskipun kalibrasi wajib dimasukkan sebagai agenda teratur untuk kepentingan pemeliharaan, tapi susah untuk pilih frekuensi kalibrasi yang ideal. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang mengfungsikan jasa pihak ketiga yang punyai spesialisasi khusus untuk perawatan dan pengujian flow meter. Pihak tersebutlah yang bakal jalankan kontrol dan pilih jadwal kalibrasi yang ideal.

Layanan kalibrasi profesional menerapkan metode yang lebih canggih dan akurat untuk pilih kinerja flow meter. Para profesional selanjutnya punyai pengetahuan mengenai batas toleransi berasal dari hasil pembacaan dan mampu mengidentifikasi masalah terhadap proses berasal dari hasil kalibrasi.

Layanan profesional terhitung mampu mengamati histori kalibrasi, tujuannya untuk mengamati tersedia tidaknya perubahan sistem, dan juga membuat suatu saran berdasarkan bersama dengan perubahan karakteristik aliran.

Secara umum, positive displacements flow mtr. umumnya mampu digunakan sepanjang bertahun-tahun atau bersama dengan kata lain memadai tahan lama. Ketahanan selanjutnya mampu diperoleh misalnya situasi aliran idealnya terus dipertahankan disertai bersama dengan kalibrasi yang terus dilaksanakan secara berkala.