Tempat Rekreasi di Sulawesi Selatan yang Menarik Untuk Didatangi

Tempat Rekreasi di Sulawesi Selatan ya Liburan natal dan tahun baru sudah selesai, sekarang kembali lagi ke kegiatan rutin kerja yang meletihkan, oke fine!, tapi waktu semacam ini ialah waktunya anda kembali masuk waktu menabung untuk isi kantong yang tempo hari sempat ‘kebobolan’ sesudah nikmati berlibur dengan keluarga, rekan, teman dekat, atau orang sepesial dihidup anda.

Dan umumnya saat-saat semacam ini sebagai waktu share pengalaman berlibur tempo hari, bagaimana? Membahagiakan kan? dan sekarang ini sekalian waktu membuat kembali jadwal, memplanning, ke mana kembali nih kelak akan berlibur?. Nach, sekalian ngelist tempat mana saja yang akan disinggahi untuk berlibur, tidak ada kelirunya anda saran sulawesi selatan untuk tujuan rekreasi yang harus anda datangi selanjutnya dalam kurun waktu dekat.

Ada apakah saja di sulawesi selatan?, bila anda belum juga tahu, di sini akan menolong anda mendapati tujuan rekreasi yang kece setelah yang harus anda datangi saat berkunjung ke sulawesi selatan.

Melawat dan liburan ke sulawesi selatan ditanggung anda tidak pernah mengenal kata menyesal. Karena sulawesi selatan terhitung kelompok tujuan rekreasi nasional yang tidak disangsikan kembali karismanya, tidak cuma rekreasi alam yang paling menarik, ditanah celebes ini benar-benar lengkap wisatanya, mulai dari rekreasi alam, object permainan, tempat monumental, bahkan kulineran yang nendang setelah kesedapanya. Oke final!, ditanggung tidak akan rugi memasukkan sulawesi selatan dalam perincian daftar tujuan yang harus anda telusuri dalam kurun waktu dekat.

Beberapa tempat rekreasi kece disulawesi selatan yang sayang sekali untuk dilewati

Pantai Losari

Tempat rekreasi di sulawesi selatan yang pertama tentu saja ialah pantai losari. Pantai losari ini ada di kota makassar, sebagai ibu-kota adri sulawesi selatan, jadi tidak bingung bila pantai losari ini jadi ikon dari kota Angin mammiri (panggilan untuk kota makassar) ini.

Pantai losari tawarkan panorama yang paling cantik, di sini ada tiga anjungan yang dapat anda pakai untuk menganakemaskan mata, di mana, tiap anjungan tawarkan pemandangan alam yang berbeda. Bila anda bertandang sore hari, dan cuaca ceria anda akan untung dapat melihat panorama sunset (matahari tenggelam) dengan prima. Apa lagi didampingi dengan pisang epe, makanan ciri khas kota makassar, dikonsumsi perlahan-lahan sekalian nikmati matahari yang perlahan-lahan kembali diujung kaki langit dengan keluarga, rekan, teman dekat, atau orang khusus anda, tentu jadi quality time yang takan pernah anda lupakan.

Di pantai losari memanglah tidak seperti pantai lainnya, sepanjang pantai ini anda tidak nikmati kehalusan pasir seperti pantai secara umum, karena tiap tepianya terhambat oleh beton, tapi tidak boleh sedih dahulu, karena di sini anda dapat nikmati beragam jenis wahan permainan yang hebat sekali, ada banana boat, sepeda air, melaut dengan perahu dan sarana yang lain, dan yang paling asyik anda pun bebas memancing dipantai ini. Asyik bukan.

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira telah terkenal namanya sampai ujung dunia, dengan kemunduran gabungan biru, putih dan hijau yang paling mangagumkan, kemunduran ini akan terlihat terang bila anda menyaksikan keelokan pantai tanjung bira dari udara. Ditanggung kece setelah! Pantai ini berada sekitaran 210 km dari kota Makassar, dapat dilakukan dengan perjalanana darat sekitaran 4-5 jam. Persisnya ada di kabupaten Bulukumba, sekitaran 40 km dari pusat perkotaan. Dengan buaian batu karang yang cantik dan pasir putih yang sehalus terigu, pantai ini jadi bintang baik pelancong lokal atau luar negeri.

Pantai Tanjung Bira menyuguhkan kesan pemandangan alam yang mengagumkan, di tempat ini anda dapat melihat matahari keluar dan tenggelam dengan elok. Panorama dua pulau dimukaya jadi heboh tertentu yakni pulau Liukang loe dan pulau kambing (tidak memiliki penghuni). Di tempat ini anda dapat menganakemaskan diri santai dan nikmati sepoi-sepoi angin, apa lagi saat ini telah dibuat banyak sarana simpatisan, seperti tempat parkir, pemondokan, hotel, villa, bungalow, restoran dan ada dermaga fery yang dapat anda pakai bila ingin menelusuri ke pulau selayar.

Dengan penawaran yang komplet membuat anda akan susah melewati tujuan rekreasi yang ini. Kece! Janganlah lupa untuk bawa perlengkapan yang komplet saat liburan ke pantai. Berekreasi ke pantai membutuh kan beberapa barang yang tidak biasa dari rekreasi yang lain, seperti sunblock dan pakaian tukar jika ingin lakukan olahraga air. (simak juga: penyiapan untuk berlibur ke pantai)

Pantai Marina

Kesohoran pantai Marina memang pergi dari prestasi Bupatinya yang go-international, dengan pembangunan yang demikian istimewa, walaupun termasuk baru, pantai ini segera naik ratting dan populer sepenjuru jagad ini. Secara administratif pantai ini terhitung dalam daerah Desa Korong Batu, Dusun Baruga, Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng sebagai pintu masuk untuk menelusuri ke beberapa pantai di kabupaten Bulukumba.

Cuman di pantai Marina anda akan malihat pantai dengan design dan situasi yang paling berlainan, dengan sarana yang super komplet dan standard dunia, benar-benar cocok rasanya tempatkan pantai marina menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang harus anda datangi.

Pantai marina rupanya ada juga di kota lain, di pulau jawa persisnya di kota semarang. Tetapi berlainan dengan di Kecamatan Bantaeng, Sulawesi Selatan ini, pantai marina di kota semarang mempunyai keelokannya sendiri. Namun ke-2  pantai ini jadi opsi beberapa pengunjung untuk habiskan waktu mereka saat liburan dengan keelokan panorama mereka semasing. (simak juga: tempat rekreasi di Semarang)

Pantai Baloiya

Pantai Baloiya ini ada di Dusun Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu. Jaraknya kurang lebih cuman 10 km dari Kota Benteng, Kabupaten Selayar

Kabupaten ini sebagai kabupaten paling ujung disulawesi selatan, mempunyai sekitaran 130 pulau, dapat dipikirkan dengan pulau sekitar itu di selayar ini mempunyai pantai yang cantiknya tidak ketulungan, terhitung pantai Baloiya ini yang paling eksotik setelah.

Tidak cuma pantai dan pulau, di selayar ada Taman Nasional Takabonerate yang paling cantik dan populer.

Pantai Timur

Pantai Timur ini masih berada di Kabupaten Selayar, pantai yang ini selainnya menyuguhkan pesisir yang cantik, tawarkan keelokan bawah laut yang mengagumkan. Pantai yang diselimuti batu karang yang besar dan cantik tidak ingin kalah dari jernihnya air laut yang memikat.

Ada di tempat ini, seperti menyelam bersama kepuasan. Ini cuman sisi kecil dari keelokan Taman Nasional Takabonerate. Ditanggung tidak menyesal jika ke arah tempat ini.

Pantai Pa’badilang

Kembali lagi tempat rekreasi di sulawesi selatan ada di Kepulauan Selayar. Pantai Pabadilang sunguh-sungguh surga untuk pecinta alam. Keelokan yang dijajakan tidak membuat kita menyesal sudah mendatanginya. Walaupun terletak yang jauh, tetapi kesan yang dihidangkan memang mengagumkan.

Pantai yang jarang-jarang di datangi ini masih asli dan alami. Pantai ini berada di Desa Je’ne Kikki, Dusun Bungaiyya, Kecamatan Bontomatene Kabupaten Selayar sekitaran 5 km dari Dermaga Pamatata dan 45 km dari Kota Benteng Selayar. Sekadar informasi Pa’badilang dengan bahasa Selayar bisa disimpulkan sebagai tempat berperang.

baca : 4 Tempat Liburan Peternakan di Jakarta buat Berlibur Keluarga

Pantai Mattirotasi

Pantai yang berada di Jalan Mattirotasi, Parepare ini mempunyai panorama terlepas ke Teluk Parepare. Pantai ini mempunyai beberapa gazebo, kursi taman, pelintasan jogging, batu-bate andesit memiliki ukuran besar penahan abrasi dan lapangan yang digunakan masyarakat untuk olahraga.

Pantai Mattirotasi ramai didatangi masyarakat Parepare pada hari Minggu dan hari liburan untuk olahraga dan santai. Lokasinya yang ada di tengah kota membuat pantai ini jadi alternative untuk anak muda Parepare bergabung tiap hari.

Pantai Lemo

Tempat rekreasi di sulawesi selatan setelah itu pantai lemo. Pantai Lemo ada di wilayah Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pantai ini menjadi satu diantara pantai yang pas buat anda santai riang. Karena selainnya deburan ombak yang hendak temani, mata akan dimanja dengan deretan pohon kelapa yang paling nyaman.

Pantai Lemo ada di samping Barat Malili, yaitu di Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur. Pantai Lemo sudah jadi tujuan pelancong baik lokal dan luar negeri. Walaupun jakarnya lumayan jauh dari Kota Makassar, tetapi situasinya akan membuat anda terbuai dan tidak mau cepat kembali.

Taman Nasional Bantimurung

Taman ini berada di Kabupaten Maros, sekitaran 45 Km dari pusat perkotaan Makassar, selainnya pemandangan alam yang cantik, taman ini populer sebagai kerajaan kupu-kupu, kok dapat? Karena ditaman nasional Bantimurung berikut rumah dari sekitaran 250 spesies kupu-kupu, jadi tidak bingung bila mascot dari taman ini ialah kupu-kupu.

Keseluruhannya luas taman nasional Bantimurung ini capai 43.750 Ha, dapat dibayang-bayangin dengan luas tanah sebesar itu taman Bantimurng manawarkan keelokan alam yang paling menarik, dengan bukit kapur, gua dan air terjun yang eksotik di dalamnya. Dan satu perihal yang juga sangat penting dari taman nasional bantimurung yakni selainnya berekreasi alam, ditaman ini janjikan pengetahuan karena di sini anda dapat banyak belajar hal, khususnya mengenai hidup kupu-kupu sebagai mascot intinya.

Ke’te kesu

Ke’te kesu sendiri mempunyai pemahaman pusat aktivitas, di mana didalamnya ada perkampungan, tempat kerajinan ukir-pahatan, dan makam. Object yang paling memesona dari dusun ini berbentuk Tongkonan, lumbung padi, dan bangunan megalith disekelilingnya.

Ada di belakang perkampungan ini, sekitaran jarak 100 mtr. ada situs pekuburan dengan makam tergantung dan tiba-tiba dalam bangunan batu yang dikasih pagar. Umumnya tiba-tiba ini mencirikan performa pemiliknya setiap hari. Berada sekitaran 4 km dari tenggara Rantepao, perkampungan ini selain lokasi yang baik untuk belanja souvenir, juga dikenal sebagi perkampungan yang warganya mempunyai kekuatan seni ukir yang tinggi.

Museum Balla Lompoa

Museum ini ada di jalan Hsanuddin No.48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang bersebelahan langsung dengan Kota makassar. Museum Balla Lompoa sebagai rekonstruksi dari istana kerajaan Gowa yang dibangun oleh pemerintah Raja Gowa ke-31 persisnya di tahun 1936 masehi, dan direstorasi di tahun 1978-1980 masehi.

Ada apakah saja dalam musem? Museum ini berisikan beberapa benda kebesaran warisan riwayat kerajaan Gowa, sperti mahkota kerajaan, beragam manuskrip, baju tradisi, senjata sakti, dan beragam koleksi beberapa alat sebagai peralatan upacara tradisi kerajaan. Sedang arsitektur bangunan ini, berupa rumah ciri khas orang Bugis yakni rumah pentas, yang dibuat dari kayu ulin atau besi.

Museum ini dibuat di atas tanah selebar satu hektar yang terbatasi oleh tembok yang membubung tinggi. Bangunan ini terdiri dari 2 sisi, ruangan khusus selebar 60×4.5 mtr., di dalamnya ada kamar individu raja, area untuk menyimpan beberapa benda monumental, bedeng kerajaan, dengan luas masing-masing 6×5 mtr., dan ruangan yang menerima tamu selebar 40 x 4.5 mtr.. Bangunan ini banyak jendelanya karena sebagai keunikan dari rumah bugis, ukuran masing-masing jendela sekitaran 0.5×0.5 mtr..

Selain bangunan khusus saat ini dibuat khusus museum sudah dibuat rumah tradisi Tamalate, yang mempunyai tujuan untuk membangun kembali wujud istana Tamalate yang sempat dibuat pada masa keemasan kerajaan gowa pada era ke XV dan untuk melestarikan budaya bangsa lewat pembangunan yang kontekstual.

 

Pusat Kerajinan Perahu Pinisi

Kita mengetahui riwayat sudah menunjukkan jika Perahu Phinisi Nusantara sudah sukses melaut ke Vancouver Kanada, amerika Serikat di tahun 1986 masehi. Pusat kerajinan Perahu Phinisi ini berada di pesisir pantai kelurahan Tana Beru, Kecamatan Bontobahari, sekitaran 24 Km dari kota Bulukumba. Oleh karenanya, Bulukumba dipanggil sebagai Butta Panritta Lopi, yang maknanya bumi atau tanah beberapa pakar pembikin Perahu Phinisi.

Yang paling menakjubkan ialah warga Tana Beru ini, mereka sanggup membuat perahu yang paling kuat dan istimewa cuman berdasar pada pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari leluhur mereka, tanpa memakai gambar atau kepustakaan tercatat. Bahkan juga karena sangat kepiawaian warga Tana Beru ini membuat kapal tradisionil dengan konstruksi kayu dan perlengkapan tradisionil juga, benar-benar menakjubkan kan?.

Benteng Somba Opu

Benteng Samba Opu ialah tempat wisata riwayat yang sayang buat anda terlewat bila bertandang ke sulawesi selatan. Benteng ini dibuat di tahun 1525 oleh Sultan Gowa ke IX Dg matanre Tumapparisi kallonna pada era XIV (1550-1650).

Dahulu benteng ini sebagai pusat perdagangan dan dermaga rempah-rempah yang ramai didatangi pedagang dari Asia dan Eropa. Di tahun 1669, benteng ini terkuasai oleh VOC selanjutnya dihancurkan sampai tergenang oleh ombak pasang. Tahun 1980-an, benteng ini diketemukan kembali oleh beberapa ilmuawan. Dan di tahun 1990, benteng ini direkonstruksi hingga terlihat lebih bagus sampai saat ini.

Yang memikat pada Benteng Somba Opu ini, saat ini menjelma jadi pusat budaya miniatur , di sini anda bisa menyaksikan bangunan tradisi sulawesi selatan, di mana tiap rumah memvisualisasikan budaya masing-masing, seperti suku Bugis, makassar, Mandar dan Toraja. Disamping itu, ada sebuah meriam dengan berat nyaris sepuluh ton, dan sebuah museum warisan Kesultanan Gowa yang berisi beberapa benda yang paling monumental..

baca : Camping di Kepulauan Seribu Terbaik dan Paling indah

Malino

Malino sebagai tempat rekreasi disulawesi selatan yang prospektif pemandangan alam pegunungan yang paling epik. Tempat rekreasi yang ada sekitaran 90 km dari pusat perkotaan Makassar ini menyuguhkan keelokan pegunungan, bahkan juga saat sebelum anda capai tujuan. Sepanjang perjalanan mata anda akan dimanja dengan rimba pinus dan keelokan batu kapur yang cantik.

Di malino selainnya menyuguhkan pemandangan alamnya yang mengagumkan, banyak juga air terjun yang tidak seharusnya anda terlewat, ada pula perkebunan teh, lembah biru, dan rekreasi riwayat berbentuk bunker warisan jepang. Semua menyuguhkan pemandangan alam ciri khas pegunungan, dan tawarkan banyak keelokan.

Dan di malino ada rimba rekreasi, tempat santai dan mengisap angin segar di bawah keelokan pohon pinus, dan tempat ini jadi tempat perkemahan yang sudah diperlengkapi dengan beragam fasilitas permainan . Maka sulawesi selatan selainnya tawarkan pemandangan pantai yang paling cantik, alam pegunungan yang menarik. Semua sayang sekali buat anda terlewat begtu saja.

Teritori Tradisi Ammatoa

Tempat rekreasi di sulawesi setelah itu teritori tradisi ammatoa. Teritori tradisi ammatoa ini berada di Kecamatan Kajang, sekitaran 56 Km dari kota Bulukumba. Keelokan alam berbentuk kelestarian teritori rimba sebagai ciri-ciri dari teritori tradisi ini, dan budaya hidup penduduknya yang jauh dari gaya hidup kekinian.

Ciri-ciri warga kajang yang berada di Dusun Tana Toa yang terlihat setiap hari yakni baju dengan warna serba hitam, sedang ciri-ciri bangunan tempat tinggalnya seragam menghadap ke Utara. Penduduknya dipegang dengan seorang yang bertitel Amma Toa dengan periode kepimpinan sepanjang umur.

Pemandian Air Panas Lejja

Pemandian Air Panas Lejja memiliki jarak sekitaran 179 km ke utara kota makassar. Pemandian ini ada di wilayah pegunungan, mempunyai pemandangan alam yang cantik, sejuk dan bagus sekali untuk didatangi untuk berrekreasi. Berada di Dusun Bulu-bulu, Kecamatan Marioriwa sekitaran 44 Km dari kota Watansoppeng.

Untuk tiba kesini, anda perlu menaklukan jalanan yang curam tapi penuh dengan panorama cantik. Dan salah satunya yang memikat ialah di sini banyak juga diketemukan kelelawar (panggilan kabupaten Soppeng ialah kota Kalong).

Temperatur air di pemandian ini dapat capai 60 derajat celcius hingga kerap dipercaya bisa mengobati penyakit gatal-gatal dan rematik. Selainnya kolam umum, di sini ada “privat pool” berupa kamar-kamar untuk merendam dengan manfaat mengobati beragam jenis tipe penyakit, khususnya kulit. (simak juga: tempat rekreasi yang dekat sama kawah putih)

Taman Laut Takabonerate

Taman Laut takabonerate ada di kepulauan selayar, untuk anda yang menyenangi rekreasi di air, temapat ini benar-benar cocok karena tempat ini sebagai surga bawah laut, rekreasi ini benar-benar pas untuk anda yang menyukai adrenalin dan pencinta snorkeling.

Anda bisa nikmati beragam pemandangan kehidupan bawah laut dengan ikut berenang bersama beberapa ratus ikan, penyu, kura-kura dan keelokan terumbu karang yang paling elok. Selainnya cantik dengan pemandangan bawah lautnya, rekreasi ini memberinya harga yang paling dapat dijangkau. Biaya yang diberi untuk nikmati keelokan taman ini ialah 25.000 untuk pelancong domestic dan 60.000 untuk pelancong luar negeri. Tidak itu saja, anda bisa sewa beragam peralatan menyelam cukup dengan 250.000 hingga anda tak perlu repot untuk bawa peralatannya dari rumah.

Pulau Samalona

Pulau Samalona sebagai pulau eksotik yang terletak cuman 2 km dari pantai yang manjdi ikon kota makassar yakni pantai losari. Pulau ini benar-benar populer karena keelokan terumbu karang dan biota bawah lautnya yang paling epik, tidaklah aneh bila banyak pelancong lokal atau luar negeri bersama-sama ke pulau ini.

Pulau Samalona termasuk dalam daerah Kota Makassar, luasnya sekitaran 2,34 hektar. Teritori pulau ini sangatlah baik utuk menyelam, karena di sekitarnya ada karang-karang laut yang ditempati beragam macam ikan tropis dan terumbu karang dan biota laut yang lain. Di lokasi ini ada banyak pemondokan simpel berupa rumah pentas yang bisa memuat sekitaran 20 orang. Disamping itu, ada beberapa warung makanan yang sediakan bermacam macam seafood fresh.

baca juga : liburan hemat ke pulau kelapa jakarta

Pulau Bulupoloe

Pulau Bulupoloe ini terhitung ke daerah administrative Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Kabupaten Luwu Timur memiliki jarak sekitaran 500 km dari Kota Makassar. Selainnya daya tarik laut yang menakjubkan, keadaan pantainya yang masih natural serta belum tercemar pencemaran jadi nilai lebih dari pulau Bulupoloe ini.

Sedang daya magnet khusus yang terpancar dari Pulau Bulupoloe yang menjadikan sebagai salah satunya tempat wisata yang pantas didatangi ialah keelokan alam pegunungan dan keasrian baharinya yang dihias bermacam macam terumbu karang yang memesona, dan ikan yang berwarna-warni dan biota laut yang lain yang makin menambahkan meriah kehidupan bawah laut di Pulau Bulupoloe ini.

Bentang pantai dengan pasir putih yang mengelilingi tepian pulau jadi nilai lebih tertentu. Disamping itu, beberapa tempat di Pulau ini ada sumber air tawar yang makin menambahkan kekhasan pulau ini. Selainnya rekreasi alam, di Pulau ini kita bisa nikmati rekreasi kulineran tradisionil ciri khas Luwu, dan ada banyak pemondokan.

Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam).

Dan ini lokasi yang tidak kalah memikat buat anda datangi bila menelusuri ke sulawesi selatan yakni Benteng Fort Rotterdam. Benteng ini sebagai benteng sebagai saksi bisu, tempat diamana pangeran Doponegoro pernah ditahan dan dikucilkan . Maka dapat disebutkan jika Benteng ini mempunyai riwayat yang paling panjang dan menempel sebagai sisi dari riwayat bangsa Indonesia.

Benteng Ujung Pandang ini bila disaksikan dari udara terlihat terang seperti satu ekor epnyu yang akan merayap turun ke lautan. Wujud penyu ini menegaskan filosofi Kerajaan Gowa, jika penyu bisa hidup di darat atau di laut. Demikian juga dengan Kerajaan Gowa yang berjaya di dataran atau di lautan.

Itu 20 tempat rekreasi paling kece di sulawesi selatan, dan ada banyak tempat yang lain menarik disulawesi selatan, maka kapan nih anda menelusuri sulawesi selatan? Untuk tujuan rekreasi berlibur anda seterusnya, sulawesi selatan tentu saja lokasi yang pas untuk santai dan liburan dengan keluarga, rekan dan orang khusus dihidup anda. Selamat liburan!

sumber info : https://twitter.com/TravelWisataind