Tempat Rekreasi di Malino Sulawesi Selatan

Malino sebuah tempat di Sulawesi Selatan, persisnya di Gowa. Malino ini namanya belum terlampau terkenal dan beberapa orang yang belum ketahuinya, terutama untuk Anda yang ada di luar kota. Untuk Anda yang hoby dengan travelling, rekreasi, berekreasi, atau berjalan- jalan dan tidak pernah bertandang ke Malino ini, seharusnya Anda menambah Malindo ini di daftar kota yang hendak Anda datangi untuk liburan.

Masalahnya Malino ini memiliki banyak sudut- pojok yang bagus yang bisa kita datangi sebagai tempat liburan dan sebagai tempat rekreasi di Indonesia. Atau Anda bisa juga sekadar singgah saat sedang ada di Makassar atau sedang ada di Sulawesi Selatan. Malino ini sebagai satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, atau ada di radisu 90 km dari kota Makassar ke selatan. Wilayah Malino yang dikenal juga sebagai kota bunga ini sebagai wilayah yang memiliki banyak object tempat rekreasi di Malino yang bisa kita datangi dan eksplor keelokannya. Apa yang hendak kita jumpai bila bertandang ke Malino ini?

1. Rimba Pinus

Tempat wisata pertama yang hendak kita datangi ialah rimba pinus. Rimba pinus ini sebagai tempat wisata yang alami. Di Malindo ini kita segera dapat menjumpai rimba pinus tinggi yang berjajar antara bukit dan lembah. Disekitaran rimba pinus ini ada jalan naik yang berkelok- kelok yang lewat antara jejeran pegunungan dan lembah. Bila disaksikan dari terlalu jauh karena itu pemandngan ini akan kelihatan cantik seperti lukisan alam yang paling cantik. Jalanan yang semacam ini akan kita lalui saat mengantar kita ke arah kota Malindo ini. Teritori ini benar-benar populer sebagai teritori wisata alam dari dulu, bahkan juga saat di jaman penjajahan Belanda. Tempat wisata di Malino ini berada pada ketinggian 1.500 mtr..

Selainnya ada pohon pinus, di sini terdapat banyak tumbuhan sebagai warisan Belanda yang termasuk sangat jarang, seperti edelweiss, pohon turi yang bunganya warna orang, dan ada tanaman bunga masamba yang warna bunganya berbeda- ganti tiap bulannya. Disekitaran teritori ini dijumpai beberapa tempat wisata lain seperti kebun buah markisa yang pemroduksi dari minuman ciri khas Malino yaitu juice buah markisa. Disamping itu ada juga pemandian lembah biru, perkebunan teh, dan kebun tanaman hortikultura. Teritori rekreasi ini ada di samping selatan kota Makassar, lebih persisnya di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Atau ada di sekitaran radius 70 km dari kota Sungguminasa dan 90 km dari kota Makassar.

2. Gunung Gamping

Teritori Malino ini populer karena ada gunung- gunung yang kaya panorama batu gamping. Hingga bisa telihat oleh kita sebagai gunung gamping. Disamping itu di Malino banyak oleh tanaman- tanaman tropis yang paling cantik, tumbuh dan berkembang di teritori yang sejuk dan dingin. Ini akan menambahkan point plus untuk kita bisa berekreasi di wilayah ini.

Selainnya kaya tanaman tropis yang cantik, Malino ini dikenal juga sebagai pemroduksi buah- buahan dan sayur ciri khas yang tumbuh di teritori lereng gunung Bawakaraeng, gunung Bawakaraeng sendiri masih dikulturkan sebagai temat yang suci dan sakral oleh beberapa masyarakan Sulawesi Selatan. Lebih jauh kembali, beberapa golongan masyarakat memercayai ada Ka’bah yang ada di pucuk gunung gamping ini. Beberapa Warga akan berkunjung “Ka’bah” itu saat akan menjalankan beribadah Haji, ini dikenali sebagai istilah Haji Bawakaraeng.

baca : Daftar Objek Rekreasi Di Sulawesi Selatan yang Terkenal

3. Air Terjun Tapakala

Tempat wisata alam berbentuk air terjun dapat kita cicipi di saat kita bertandang ke Malino ini. Berikut ia air terjun Tapakala. Air terjun yang terletak di tengah- tengah teritori hijau yang sejuk dan fresh. Tahukah Anda jika di Jawa Barat ada Pucuk, karena itu di Sulawesi Selatan ini ada Malino. Malino ini sering dikatakan sebagai pucuknya Sulawesi Selatan. Seperti Pucuk yang berada di Bogor, teritori Malino ini sebagai teritori yang sering didatangi oleh pelancong pada setiap akhir minggu sekedar untuk hilangkan kepenatan sesudah lewat hiruk pikuk kota. Di teritori ini kita bisa juga nikmati panorama air terjun Tapakala yang memberinya kesan yang fresh dan sejuk dan sebagai air terjun di Indonesia dengan keelokan yang tidak tertandingi.

Di Bawah air terjun Tapakala ini kita dapat habiskan beberapa waktu kita untuk bermain- main. Kita dapat nikmati kesan sejuk dan fresh dari recikan air di air terjun ini. Selanjutnya berapakah harga yang perlu kita mengeluarkan agar bisa nikmati air terjun ini? Agar bisa masuk di daerah air terjun ini kita cuman dikenai ongkos ticket sejumlah Rp 2.000,- per-orang. Jumlah ini sebagai jumlah yang paling murah bila dibanding dengan yang akan kita peroleh. Lau disitu, sarana apa yang hendak kita peroleh? Di Teritori ini kita segera dapat menjumpai warung- warung makan yang hendak memberinya sarana ke kita disaat rasa lapar serang kita. Disamping itu di situ akan kita jumpai warung- warung yang sediakan oleh- oleh. Hingga bila kita ingin memburu oleh- oleh, kita langsung bisa menelusurinya di situ. Oleh- oleh yang dipasarkan di teritori ini diantaranya ialah beberapa makanan ciri khas wilayah sana, seperti buah Markisa, dodol ketan, apel, tenteng Malino dan wajik.

4. Air Terjun Parang Bugisi

Selainnya ada air terjun Tapakala, di Malino ini ada air terjun yang lain yaitu air terjun Parang Bugisi. Air terjun Parang Bugisi sebagai salah satunya air terjun yang bedara di tengah-tengah rimba teritori Malino ini. Air terjun Parang Bugisi ini sebagai air terjun yang mempunyai ketinggian tidak begitu tinggi.

Air terjun Parang Bugisi ini berada di teritori yang hijau asri karena dikitari dengan rimba. disamping itu di bawah air terjun ini kita bisa menemui saluran sungai dengan beberapa batu-batuan hingga bisa berasa asyik untuk berlama- lama ada di air terjun ini sekalian santai dan nikmati keelokan di sekitar air terjun ini.

5. Air terjun Lembanna

Air terjun seterusnya yang dapat kita jumpai di Malino ialah air terjun Lembanna. Air terjun Lembanna ini berada di lingkungan yang asri dan hijau seperti air terjun umumnya. Air terjun ini berada di tengah-tengah rimba. perbedaannya sama air terjun Parang Bugisi, air terjun Lembanna ini semakin tinggi tetapi salurannya tidak demikian deras dan tidak  mencelakakan anda.

Air tejun Lembanna ini memiliki saluran air yang bercabang jadi dua hingga kelihatan unik dan jadi daya magnet tertentu untuk air terjun ini dan membuat beberapa beberapa pelancong yang ingin bisa bertandang ke arah tempat rekreasi air terjun lembanna ini..

6. Air Terjun Biroro

Yang seterusnya ada air terjun Biroro. Sama sama air terjun yang lain, air terjun Biroro ini berada di tengah-tengah rimba. Saluran air terjun ini deras tetapi sejuk bila kita bermain- main disekelilingnya.

Air terjun ini sebagai air terjun yang tidak pernah sepi dengan pengunjung karena air terjun ini mempunyai keelokan yang serupa sama air terjun yang lain, ada pohon-pohonan yang teduh, panorama yang cantik bila dipandang di atas air terjun, dan pas jadi tempat selfie untuk beberapa pengunjung yang paling menyukai selfie, karena tempat air terjun biroro ini benar-benar pas untuk liburan anda bersama rekan, keluarga, teman dekat dan kekasih. Dan anda wajib buat berkunjung air terjun biroro ini dan sebagai tempat rekreasi yang pas untuk anak muda,.

baca : Tempat Rekreasi di Sulawesi Selatan yang Menarik Untuk Didatangi

7. Lembah Biru

Telah dikisahkan awalnya jika di Malino ada sebuah tempat pemandian, yaitu lembah biru. Lembah Biru sebagai lokasi yang dipakai sebagai pemandian umum yang bisa dipakai oleh beberapa pelancong untuk beri kesegaran tubuh sesudah berlama- lama telusuri keelokan teritori Malino ini.

Pada tempat ini, airnya warna biru dan kolam yang dipakai sebagai kolam pemandian juga kelihatan warna biru. Di samping kolam yang dipakai sebagai tempat pemandian, ada gazebo- gazebo yang bisa dipakai pengunjung untuk santai bersama dengan keluarga atau orang- orang tersayang.

8. Goa Jepang

Di Malino ini rupanya ada tempet rekreasi yang berbentuk goa. Goa ini ialah goa warisan Jepang yang kerap dikatakan sebagai goa Japan. Tidak seperti goa-goa umumnya, goa Japan ini jika disaksikan di luar cuman seperti sebuah lubang yang berupa horisontal yeng dikitari oleh tanah.

Jika umumnya goa yang kita jumpai itu dikitari oleh batu-batuan kapur yang mengeras dan kaya stalaktit dan stalakmit yang lancip- lancip tetapi tidak hal dengan goa Japan ini. Goa Japan memiliki ukuran yang lebih kecil dari goa- goa umumnya. Lebar atau tinggi goa Japan ini lebih kecil dibanding goa- goa umumnya.

9. Balla Lompoa

Seterusnya sebagai tempat wisata di Malino ialah Balla Lompoa. Balla Lompoa ini ada di Bulutana. Balla Lampoa ini adalha semacam bangunan yang seperti rumah tradisi warga Malino. Bangunan ini dibuat dari kayu baik dindingnyam lantai, dan atapnya.

Sepintas bila kita memerhatikan, Balla Lompoa ini serupa dengan rumah pentas. Yaitu dinding bangunan tidak langsung bersinggungan dengan tanah tetapi ada seperti semacam kolong sama seperti yang ada di dalam rumah pentas umumnya. Balla Lompoa ini ada banyak jendela yang dibuat dari kayu.

10. Malino Highlands

Satu kembali tujuan rekreasi di Malindo yang jangan Anda terlewat, yaitu Malino Highlands. Malindo Highlands ini sebagai tujuan rekreasi kebun teh. Malindo Highlands ini saai ini diatur oleh korporasi Malindo Highlands. Malindo Highlands ini sebagai tempat rekreasi termegah dan digadang-gadang- gadang sebagai tempat landmark dunia. Di sini, kita dapat berkendaraan telusuri jalan yang memotong kebun teh selebar 200 hektar ini sambil nikmati kesejukan udara yang berada di teritori ini.

Bila kita berasa kedinginan, kita dapat menghangatkan tubuh dengan mencicip hidangan teh hijau Malindo dengan kualitas yang ditanggung baik yang ada di sebuah café di area pucuk perkebunan. Disekitaran panorama yang cantik ini kita dapat berpose dengan background kebun teh yang paling cantik, luas, dan hijau, yang dapat kita kerjakan dari pelatahan cafe ini. Di Malindo Highlands ini kita bisa juga melihat kebun binatang dengan beberapa binatang atau satwa yang sangat jarang, berkunjung air terjun, dan kebun bunga yang elok. Sangat bagus kan? Oleh karena itu untuk Anda yang ada di Malindo atau yang meluangkan diri ke Malindo, Anda janganlah sampai lupa untuk bertandang pada tempat ini.

baca juga : piknik murah ke pulau papatheo kepulauan seribu

Untuk capai tempat rekreasi ini kita bisa dengan mdah mencapainya. Ini karena tempat lokasi ini terhitung lokasi yang vital hingga bisa dicapai oleh semua tipe kendaraan baik beroda 2 atau beroda 4. Jika kita dari kota Makassar karena itu kita cuman memerlukan waktu pintas sekitaran 2,5 jam saja. Sepanjang perjalanan ke arah Malindo Highlands ini kita akan disajikan beragam panorama yang mengagumkan. Sepanjang perjalanan kita akan menikmasti bentangan sawah, bendungan bili- bili, saluran sungai Jene’berang, gunung- gunung yang membubung tinggi, pohon-pohonan yang melambai- lambai dan keelokan alam yang lain yang hendak melipur mata kita. Selanjutnya agar bisa masuk di daerah ini, kita perlu mengambil kantong sebesar lima puluh ribu rupaih. Jumlah semacam ini ialah jumlah yang murah jika dibanding dengan yang akan kita peroleh yaitu berbentuk panorama yang cantik.

Itu beberapa tempat rekreasi di Malino ini. Tak perlu cemas akan bermalam di mana, akrena di teritori Malino ini ada banyak sarana- sarana yang mendukung untuk liburan seperti villa, restoran dan yang lain.