Norma kesusilaan: Pemahaman, Tujuan, Ancaman dan Misalnya

Contoh norma kesusilaan diantaranya jujur dalam pengucapan dan tindakan, menghargai sama-sama manusia, tidak mengusik kenyamanan seseorang, kembalikan utang atau utang dari pihak lain dan ulasan selengkapnya akan diterangkan bersama jadijuara.

norma kesusilaan

Norma kesusilaan berasal dari 2 kata yaitu norma dan kesusilaan, yang secara bahasa bisa disimpulkan sebagai:

Norma

Norma sebagai satu aturan atau dasar yang dibuat manusia sebagai makhluk sosial yang karakternya memaksakan atau manusia harus runduk pada ketentuan itu.

Kesusilaan

Kesusilaan bermakna sikap yang bagus yang terkait dengan adat dan santun sopan

Dari ke-2 pemahaman itu bisa disimpukan jika, norma kesusilaan ialah norma ini berawal dari hati nurani manusia yang diterapkan berkali-kali jadi satu rutinitas.

Dalam masalah ini, dengan singkat bisa disebutkan jika sepanjang seorang berpedoman norma ini, orang akan melakukan tindakan manusiawi.

Tujuan norma kesusilaan

Sama dalam Tujuan dari norma yang mengendalikan warga hingga terjadi warga yang aman.

Norma kesusilaan mempunyai Tujuan memberi panduan mengenai langkah berlaku dan berlagak laris dalam putuskan beberapa hal yang perlu dilaksanakan, dijauhi atau dilawan.

Ini membuat norma kesusilaan memiliki sifat universal dan dilaksanakan oleh semua manusia, pemicu berlangsungnya ini dikuasai filosofi norma kesusilaan yang dari hati nurani manusia.

Ancaman menyalahi norma kesusilaan

Norma ialah ketentuan yang ada pada warga, bila ada yang menyalahi ketentuan itu tentu saja akan dikenai ancaman atau hukuman.

Tipe ancaman yang dikenai pada tiap norma berbeda, bergantung dari berapa berat atau ketentuan yang mushalla, dan berapa kuat norma itu diterapkan dalam warga.

Pada kasus pelanggaran norma kesusilaan adapun ancaman yang didapatkan saat menyalahi norma ini ialah salah satunya rasa bersalah dan penyesalan dalam untuk pelanggarnya.

Kecuali penyesalan dan rasa bersalah, seringkali seseorang yang menyalahi norma kesusilaan memperoleh ancaman berbentuk hujatan, kritikan, dan prasangka yang tidak bagus dari warga di tempat.

Beberapa ciri

Berdasar keterangan di atas, bisa diambil simpulan jika satu norma kesusilaan mempunyai beberapa ciri sebagai berikut ini:

Mengambil sumber dari dalam hati nurani manusia
Memiliki sifat lokal di satu warga tertentu
Bisa beralih-alih sesuai keadaan dalam masyarakat itu
Ancaman dari norma ini memiliki sifat pribadi, seperti diasingkan dari masyarakaat, berasa malu, atau penyesalan secara batiniah.

Contoh norma kesusilaan

Sedangakan contoh dari norma kesusilaan ialah seperti berikut contoh dari norma kesusilaan yang banyak kita jumpai warga atau di daerah Indonesia.

Jujur dalam pengucapan dan tindakan
Menghargai sama-sama manusia
Menolong orang yang lain memerlukan
Tidak mengusik kenyamanan seseorang
Kembalikan utang atau utang dari pihak lain
Tidak mengambil barang punya seseorang
Kenakan pakaian sesuai tempat dan keadaan