Cara Mudah Mengatasi Atap Bocor

Pada musim penghujan, salah satu masalah yang biasa terjadi pada rumah adalah kebocoran pada atap rumah. Atap bocor tentunya sangat mengganggu, struktur atap menjadi keropos seiring berjalannya waktu, masalah plafon yang rusak dan tetesan air tentunya juga dapat merusak benda-benda di bawah bagian atap yang bocor.

Nah, kalau begitulah ceritanya, Anda bakal direpotkan dengan memindahkan benda-benda seperti furnitur di bawahnya. Setiap kali hujan, Anda perlu mengumpulkan tetesan air dengan ember atau apa pun agar tidak membasahi ruangan lain. Kesimpulannya, kebocoran pada atap perlu diperbaiki secepatnya, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bisa banyak kerugian.

Inilah penyebab dan cara mengatasi atap bocor

Bentuk atapnya terlalu landai / kurang curam

Kemiringan atap atau genteng mencegah air mengalir ke tanah. Apalagi di saat hujan deras dengan kapasitas air yang banyak. Akibatnya air yang masih menempel di atap bisa membanjiri ruang-ruang kosong.

Air mencari celah terkecil pada atap, terutama pada sambungan / sambungan atap (seperti batu bata, asbes, dll.) Dan menyebabkan kebocoran. Sudut kemiringan atap yang baik adalah 30-40 derajat agar air hujan langsung mengalir ke saluran pembuangan.

Pemasangan atap yang tidak tepat

Untuk mencegah kebocoran atap, material atap seperti asbes, batako atau tawas harus dipasang dengan baik agar tidak ada celah masuk air hujan. Ubin harus dipasang dengan benar agar satu ubin terpasang pada tempatnya dan ubin lainnya. Sebaiknya gunakan ubin yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Selain memiliki bentuk yang benar di antara ubin lainnya, ubin tersebut tentunya lebih awet seiring bertambahnya usia dan tidak rawan retak atau bocor.

Masalah dengan selokan

Talang air merupakan saluran yang mengalirkan air dari permukaan atap ke saluran pembuangan. Jadi pastikan talang terpasang dengan benar. Sambungan ke talang juga harus diperhitungkan dengan teknologi pemasangan yang benar.

Gunakan talang air yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga tahan terhadap suhu panas. Ukuran talang harus sesuai dengan air yang akan dikuras.

Kita juga melayani jual pintu segala jenis & segala desain, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut.

Artinya lebar talang harus disesuaikan dengan luas atap yang lebih besar atau lebih lebar. Jika ukuran talang terlalu kecil, aliran air akan terhambat. Dan kebocoran pada atap bisa terjadi jika air menembus di antara ubin.

Ada celah di bubungan atap

Periksa cam untuk kebocoran atau celah selama proses instalasi. Karena punggungan adalah bagian tertinggi dari atap, aliran air dimulai dari sini.

Anda sedang mencari kusen pintu? bisa kunjungi tautan tersebut.

Ubin pemotong benang jenis ini biasanya ditempatkan di punggung bukit ini dan biasanya diperkuat dengan mortar semen pasir. Komposisi semen dan pasir yang tidak tepat dapat menyebabkan mortar menjadi kurang tahan lama, mudah retak, dan memungkinkan air merembes melalui retakan.

Sampah di atap

Salah satu cara mengatasi atap bocor adalah dengan membersihkan atap dari sampah. Limbah seperti daun merupakan penyebab kebocoran yang umum. Jika banyak sampah menumpuk di atap atau di selokan, aliran air akan terhalang untuk mengalir langsung ke bawah dan akhirnya mengalir ke atap.