Kelebihan Xiaomi Mi 11 Ultra Yang Membuatnya Layak Menyandang Status Flagship Paripurna

main image

Sudah jadi hal yang wajar jika produsen smartphone memiliki lebih dari satu ponsel flagship dalam satu tahun kalender. Misalnya, Xiaomi dengan delapan model Mi 11 series yang meluncur secara bergantian sepanjang tahun 2021. Seperti produsen lain, tentunya Xiaomi sudah menentukan ponsel mana yang menduduki kasta tertinggi dari delapan model tersebut.

Yang dimaksud kasta tertinggi disini adalah sebuah ponsel yang diposisikan sebagai flagship paripurna (ultimate) yang membawa kelebihan paling keren di berbagai sisi dan tidak ada lagi kompromi. Untuk kali ini, produsen asal Tiongkok tersebut memandatkan status flagship paripurna pada Xiaomi Mi 11 Ultra.

Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan Xiaomi Mi 11 Ultra hingga membuatnya layak menyandang status flagship paripurna? Berikut review kelebihan Xiaomi Mi 11 Ultra :

  1. Desain Atraktif Dengan IP68

Jika kamu pernah memegang atau setidaknya melihat Xiaomi Mi 11, maka tentunya kamu sudah memiliki gambaran mengenai desain Mi 11 Ultra. Xiaomi Mi 11 Ultra memang menggunakan garis desain dan dimensi yang hampir sama dengan saudara kandungnya itu, yakni tetap tipis dan elegan.

Perangkat dari Xiaomi ini memang cukup tipis karena menggunakan rangka alumunium yang hanya memiliki ketebakan 8,4 mm saja. Adapun bentuk rangka yang melebar pada keempat sudutnya berfungsi sebagai proteksi untuk meminimalkan risiko ketika ponsel mengalami benturan.

Hal yang tidak kalah penting dari desain Xiaomi Mi 11 Ultra adalah adanya sertifikasi ketahanan debu dan air IP68.

  1. Tampilan Istimewa

Xiaomi Mi 11 Ultra memenuhi syarat sebagai ponsel dengan layar lebar diatas rata – rata (6,81 inci), dan berbingkai sangat tipis. Sehingga tidak heran jika rasio layar banding bodi perangkat ini tembus hingga 91,4 persen.

Jika dilihat dari teknologi yang dibenamkannya, tidak ada yang bisa dikomplain dari layar berpanel AMOLED Xiaomi Mi 11 Ultra ini. Sebab, layar dengan rasio aspek 20 : 9 ponsel pintar ini beresolusi tinggi, yaitu 2K alias 1440 x 3200. Hasil bagi antara resolusi dan bentang layarnya menghasilkan kepadatan layar yang sangat tinggi hingga menembus 515 ppi.

  1. Performa Tinggi

Ponsel pintar 5G ini menawarkan spesifikasi jeroan diatas kertas sangat tinggi. Alasan paling mendasar adalah karena Xiaomi Mi 11 Ultra menggunakan SoC premium Qualcomm Snapdragon 888. Ini merupakan chipset terkencang di dunia.

Snapdragon 888 merupakan chipset delapan inti yang dibuat dengan proses fabrikasi 5 nm. Chipset keluaran Desember 2020 ini memang sangat spesial karena arsitektur yang digunakannya benar – benar baru. Terutama arstitektur untuk core medium dan core performa.

  1. Kamera Mengesankan

Megapiksel yang besar bukanlah jaminan sebuah kamera mampu menghasilkan foto berkualitas apik. Xiaomi pun percaya diri untuk menyematkan resolusi 50 MP pada kamera utama Mi 11 Ultra, alih – alih menggunakan 108 MP seperti pada kamera utama Mi 11. Saking percaya dirinya, bukaan lensanya juga ikut mengecil yaitu f/1 95, lebih kecil dibandingkan dengan Mi 11 (f/1.85).

Kamera utamanya juga dilengkapi dengan lensa delapan elemen ber-focal length 24 mm, Dual Pixel Phase Detection Autofocus (PDAF), Laser Autofocus, dan penstabil gambar berbasis optic (OIS).

  1. Baterai Oke Dan Pengecasannya Cepat

Xiaomi Mi 11 Ultra dibekali baterai litium polimer 5000 mAh. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh GSM Arena, endurance rating perangkat ini mampu menembus 95 jam. Hasil tersebut lebih baik dibandingkan Mi 10 Ultra yang ketahanannya hanya mencapai 85 jam.

Baterai oke ini didukung dengan teknologi pengisian baterai. Xiaomi Mi 11 Ultra bisa terisi 89 % hanya dengan waktu pengecasan selama 30 menit saja. Untuk mencapai 100 %, hanya dibutuhkan waktu 37 menit.