Jenis-jenis Espresso Coffee

Espresso coffee menjadi awal mula munculnya varian kopi lainnya terutama kopi espresso based. Espresso memang dikenal akan rasanya yang pahit dan juga warna yang pekat namun tahukah anda sebenarnya terdapat banyak jenis kopi espresso yang tidak selalu pahit.

Espresso Coffee Murni

  1. Espresso shot

Shot merupakan satuan yang digunakan untuk espresso. Untuk 1 shot espresso umumnya memiliki takaran 25-35 ml sedangkan 2 shot kopi espresso (doppio) sekitar 45-60 ml. Espresso shot digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jenis minuman kopi lain. Jika Anda menginginkan kopi dalam jumlah yang lebih banyak, Anda bisa memesan triple shot.

Cara pembuatan espresso shot adalah dengan memanaskan air hingga hampir mendidih hingga uap melewati massa padat 7-8 gram bubuk kopi yang sangat halus. Kopi akan diproduksi dalam waktu 20-30 detik dan akan menghasilkan efek yang kental. Gunakan bubuk kopi dua kali dengan cara yang sama untuk menghasilkan double shot. Secangkir espresso shot berkualitas tinggi akan memiliki krim berwarna gelap dan juga busa yang banyak.

  1. Ristretto

Ristretto (artinya restricted) mengacu pada espresso yang dibuat dari satu dosis kopi dengan hanya setengah dosis air. Cara ini menghasilkan kopi pekat dengan volume 15-20ml, tapi rasanya lebih kaya. Double ristretto shot dengan kapasitas 30-45 ml biasanya digunakan sebagai bahan dasar varian kopi lainnya.

  1. Lungo

Berbeda dengan ristretto, Lungo menyeduh 1 takaran kopi dengan 2 takaran air. Hasilnya yaitu rasa dan konsentrasi kopi yang lebih ringan dan juga volume kopi yang lebih banyak. Lungo sering disamakan dengan Americano karena ukurannya yang mirip.

Espresso Coffee Campuran

  1. Americano

Americano adalah double shot espresso yang dicampur dengan air panas dengan perbandingan 1: 3-1: 4. Varian minuman ini adalah Long Black yang terlebih dahulu menuangkan air panas ke dalam gelas agar tidak merusak crema dari espresso yang dituangkan nantinya.

  1. Cafè Macchiato

Kopi Cafè macchiato dibuat dari kopi espresso single atau double shot dengan sedikit buih steamed susu di atasnya. Ada juga varian yang menggunakan double shot ristretto yang memiliki cita rasa lebih kaya.

  1. Cappuccino

Cappucino biasa dibuat dengan mencampurkan 1 bagian espresso dengan 1 bagian susu steamed, 1 bagian busa susu. Hasilnya adalah minuman dengan tekstur yang ringan dengan rasa kopi yang kuat. Beberapa cappucino menggunakan bubuk kakao, gula palem, dan kayu manis yang ditaburkan di atas busa susu yang kental.

Semua jenis espresso coffee ini tentu saja dapat dibeli di kedai kopi terdekat di kota anda. Namun, untuk lebih praktis, sudah terdapat mesin kopi Nescafe Dolce Gusto yang akan membantu anda membuat kopi yang nikmat di rumah sehingga bisa menyicipi kopi ala kafe setiap hari.