Jenis Badan Usaha di Indonesia yang Wajib Memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

virtual office jakarta pusat

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah sebuah pencatatan yang resmi untuk perusahaan, adapun TDP ini berisikan hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap badan usaha dan disahkan oleh pejabat berwenang. Untuk bisa mendaftar TDP harus memiliki alamat kantor jelas yang bisa disewa dari virtual office Jakarta.

TDP berlaku selama usaha tersebut masih dijalankan, tetapi harus diperbarui setiap lima tahun sekali. Apabila TDP hilang, pengusaha bisa mengajukan permohonan tertulis selambat-lambatnya 3 bulan setelah kehilangan ke kantor tempat pendaftaran perusahaan.

6 Jenis Badan Usaha Wajib Punya TDP

1.     CV

CV atau Persekutuan Komanditer merupakan bentuk badan usaha persekutuan yang didirikan oleh dua orang atau lebih. Meskipun bentuk badan usaha ini belum berbadan hukum tetapi harus tetap didaftarkan.

2.     Firma

Badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih di mana setiap anggotanya mempunyai tanggung jawab yang sama dalam menjalankan usaha. Modal jenis badan usaha ini biasanya berasal dari kedua belah pihak/lebih.

3.     Koperasi

Koperasi merupakan suatu badan usaha yang berbentuk organisasi ekonomi dan memiliki tujuan untuk memenuhi kepentingan bersama yang berfokus pada bidang ekonomi.

4.     Perorangan

Jenis badan usaha ini merupakan yang paling banyak ada di Indonesia. Didirikan oleh satu orang dengan modal dari orang tersebut. Kelas usaha perorangan biasanya tergolong menengah ke atas dan pemilik usaha menjalankan seluruh kegiatan usahanya sendiri.

5.     PT

Perseroan Terbatas atau PT merupakan bentuk badan usaha yang dimiliki oleh beberapa orang di mana tanda kepemilikannya berbentuk saham. Besarnya kewenangan diukur dari besarnya saham yang dimiliki.

6.     Jenis Badan Usaha Lainnya

Badan usaha lainnya bisa berupa perusahaan asing atau perwakilan perusahaan dari luar negeri yang berlokasi di Indonesia.

Syarat Wajib untuk Mengurus TDP

Bagi pemilik usaha yang ingin mendaftarkan usahanya untuk mendapatkan TDP harus mengumpulkan beberapa persyaratan di bawah ini:

1.     Surat permohonan TDP yang dibuat oleh pemilik usaha

2.     KK, KTP, dan NPWP pemilik usaha

3.     Akta notaris pendirian badan usaha

4.     SIUP atau surat izin usaha lainnya

5.     Surat keterangan domisili usaha. Virtual office Jakarta Pusat menyediakan alamat kantor profesional bagi perusahaan yang belum memiliki alamat resmi.

6.     Identitas para pemegang saham (khusus untuk PT).

Segera daftarkan perusahaan agar legalitasnya bisa segera disahkan. Jika tidak memiliki TDP, maka status perusahaan menjadi ilegal dan bisa dihentikan oleh pihak berwenang.