Ini dia, cara mencegah penyakit akibat kolesterol tinggi

Untuk membangun sel-sel yang kuat sebenarnya tubuh membutuhkan kolesterol, namun bukan berarti dengan jumlah kolesterol yang banyak maka akan baik bagi tubuh. Justru jika kandungan kolesterol ini melebih ambang batas normal maka ancaman kesehatan yang serius akan mengintai. Apa saja penyakit akibat kolesterol tinggi dan bagaimana cara mencegahnya?

Beberapa penyakit akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah

  1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Kolesterol sering menjadi aktor dibalik terjadinya tekanan darah tinggi, karena tumpukan plak kolesterol maka arteri akan mengeras dan akhirnya menyempit sehingga jantung akan otomatis bekerja lebih ekstra untuk memompa darah sehingga tekanan darah pun menjadi tinggi. Penyakit hipertensi ini bisa mengakibatkan beberapa masalah serius bagi kesehatan, seperti stroke dan juga serangan jantung.

  1. PAP atau penyakit arteri perifer

Tingginya kolesterol juga akan berhubungan dengan penyakit arteri perifer seperti penyakit pembuluh darah di luar otak dan jantung. Pada penyakit penyakit arteri perifer, timbunan lemak yang menumpuk pada dinding arteri akan membuat sirkulasi darah yang mengarah ke kaki maupun ke ginjal menjadi terganggu.

  1. Penyakit stroke

Salah satu penyakit yang diakibatkan karena kolesterol tinggi adalah stroke. Penyakit stroke ini muncul ketika berkurangnya supply darah ke otak dan tersumbat atau pecahnya pembuluh darah yang mengangkut oksigen ke otak. Sehingga otak tak akan berfungsi sempurna karena tidak mendapatkan asupan oksigen dan juga darah yang dibutuhkan.

  1. Penyakit jantung koroner

Penyakit lain yang bisa terjadi akibat tingginya kolesterol adalah jantung koroner. Aterosklerosis atau kondisi dimana lemak-lemak akan menumpuk pada dinding arteri sehingga mengakibatkan menyempitnya aliran darah ke jantung rentan dialami oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Beberapa cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa dilakukan

Kolesterol tinggi memang sangatlah berbahaya sehingga perlu melakukan berbagai cara agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini. Bahaya kolesterol tinggi sebenarnya bisa dicegah, salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa memicu terjadinya kolesterol tinggi.

Melakukan gaya hidup sehat juga bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi. Misalnya saja dengan cara tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga secara rutin melakukan olahraga. Dengan aktif bergerak akan membuat beberapa organ tubuh terangsang untuk bekerja secara optimal, dengan begitu beberapa masalah kesehatan bisa dicegah.

Menjaga kondisi mental juga penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kolesterol. Sangat penting untuk mengontrol tingkat stres agar terhindar dari beberapa masalah kesehatan termasuk yang berkaitan dengan kolesterol. Demikian beberapa contoh penyakit akibat kolesterol tinggi dan beberapa cara mencegah agar kolesterol tidak tinggi, semoga bermanfaat.