Ingin Tahu Cara Mengecek Tagihan Listrik?

4 Cara Cepat Mengecek Tagihan Listrik Pascabayar Tanpa Harus Datang ke  Kantor PLN

Seperti halnya air, listrik juga menjadi salah satu elemen yang memiliki peranan sangat penting dalam menunjang kebutuhan manusia. Ya, bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika di dunia ini tidak ada listrik?

Tentu saja kehidupan kita akan kembali seperti di zaman purba yang tanpa aliran listrik. Dengan adanya aliran listrik, kita pun dapat melakukan hal apa saja yang berkaitan dengan peralatan elektronik.

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa tarif dasar listrik mengalami kenaikan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek tagihan listrik agar bisa lebih terkontrol lagi penggunaannya.

Lantas, bagaimana cara mengecek tagihan listrik? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi PLN Mobile

  • Download aplikasi PLN Mobile di app store atau play store, lalu buka aplikasinya
  • Kemudian pilih menu “informasi” yang ada di tab menu
  • Setelah itu pilih menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik“
  • Berikutnya masukkan nomor ID kamu atau nomor meteran listrik
  • Selanjutnya klik tombol “Cari”, dan tunggu sampai aplikasinya menampilkan status tagihan listrik beserta jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.

Syarat Pendaftaran Layanan PLN

Menurut informasi yang didapat, pendaftaran langganan layanan PLN tersedia kedalam dua cara yaki konvesional dan online. Walaupun mempunyai prosedur yang berbeda, namun kedua cara tersebut memiliki persyaratan yang tidak berbeda jauh.

Ketika kamu hendak mengajukan permohonan langganan layanan PLN, maka siapkanlah gambar denah dari tempat yang akan dipasangi aliran listrik. Disamping itu, kamu juga harus menyertakan fotokopi KTP sebagai bukti identitas pihak pemohon untuk pengajuan langganan layanan PLN.

Jika kedua dokumen tersebut sudah disiapkan, nantinya kamu akan diberikan pilihan seputar daya listrik yang hendak dipasang. Perlu diketahui, semakin tinggi daya listrik yang kamu pilih, maka akan semakin besar juga biaya pemasangannya.

Maka dari itu, disarankan bagi kamu untuk memilih daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan dirumah. Sehingga hal ini akan membuat pegeluaran tagihan listrik tidak semakin membengkak.

Cara Menghitung Tagihan Listrik Secara Manual

Kendati sudah tersedia metode pembayaran yang baru berupa token elektrik maupun system prabayar, namun kebanyakan pelanggan PLN masih setia menggunakan system pembayaran pasca bayar. Lalu, apa yang dimaksud dengan system pembayaran pasca bayar?

Perlu kamu ketahui, sistem pembayaran pasca bayar ini mengharuskan para pelanggan untuk melunasi tagihan listrik yang sesuai dengan penggunaannya selama 1 bulan. Dalam menghitung tagihan listrik, tentu saja kamu harus memahami semua peralatan elektronik yang sering digunakan di rumah.

Dengan mengetahui semua peralatan elektronik yang sering digunakan di rumah, secara otomatis kamu bisa memperkirakan berapa nominal tagihan listrik yang harus dibayar pada setiap bulannya.

Disamping itu, golongan listrik juga memiliki pengaruh besar terhadap perhitungan tagihan listrik yang akan kamu terima. Pada umumnya, semakin besar daya listrik yang kamu pasang, maka akan semakin besar pula tarif per-KWHnya.

Apabila sudah mendapatkan semua informasi seputar peralatan elektronik dan daya yang digunakan, barulah kamu bisa menghitung tagihan listrik per bulannya.

Sebagai contoh, jika semua daya listrik yang digunakan di rumah per harinya mencapai 16.500 watt dengan tarif per KWH 1400, maka perhitungan tagihan listrik yang nantinya harus kamu bayar adalah 16.5 x 1400 x 30 hari = Rp 693.000.