Desa Wisata Tembi Jogja Tempat Belajar Budaya

Jika Anda berencana berlibur ke Jogja dengan menginginkan sebuah perjalanan wisata yang berbeda bersama rombongan liburan Anda, itu artinya, Anda wajib menjadikan Rumah Tembi ini sebagai tujuan wisata Anda saat di Jogja nanti. Desa Wisata Tembi ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan lho.

Untuk bisa menjangkaunya, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Memilih sewa mobil Jogja juga menjadi pilihan tepat jika ingin lebih ringkas. Menarik sekali bukan?

Apa sih itu Rumah Tembi?

Rumah Tembi adalah sebuah rumah budaya yang mengusung konsep desa wisata. Nah, dengan konsep seperti ini, pasti Anda sudah bisa menebak, tipikal wisata di sana akan seseru apa kan?

Tapi sebelum itu, cari tahu dulu yuk seputar Rumah Tembi!

Bermulai dari sejarah rumah tembi. Dulu pada abad 16 terjadi sebuah permusuhan di dalam kesultanan pajang. Ki Ageng Pemanahan berhasil mengalahkan Arya Panangsang. Kekahalan Arya Penangsang tersebut akhirnya membuat alas mentaok diserahkan ke Sultan Pajang melalui Ki Ageng Pemanahan tahun 1558.

Setelah penyerahan ke Ki Ageng Pemanahan itu lah, alas mentaok akhirnya berubah menjadi sebuah desa yang diberinama Kotagedhe pada tahun 1577. Kotagedhe akhirnya berkembang pesat saat dipimpin oleh Panembahan. Akhirnya berlanjut sampai terbentuknya sebuah Desa Tembi.

Nama Desa Tembi, katanya diambil dari nama dewi, yang memiliki makna damai, sehingga desa ini juga mempunyai suasana damai serta pemandangan yang tak kalah menyejukkan mata dan hati. Lalu bermula dari wisatawan asing bernama Warwick Pursen, yang saat itu sangat terpesona dengan pemandangan alam pedesaan di sekitar Desa Tembi.

Sejak saat itu, akhirnya warga pun menyadari akan potensi Desa Tembi yang mempunyai udara sejuk, asri, damai dan tentram yang sangat cocok jika dijadikan sebagai homestay, atau pusat sentra kerajinan. Selain itu, di sana juga terdapat berbagai kolam renang yang bisa didatangi pengunjung.

Pikiran yang seperti itu lah, akhirnya berbuah keyakinan untuk menjadikan Desa Tembi sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja.

Paket Wisata di Desa Wisata Tembi

Di Wisata Desa Tembi ini, Anda akan menemukan sebuah desa dan rumah-rumah jawa yang damai, berjajar bersentuhan langsung dengan alam. Anda juga akan menjumpai sawah-sawah terhampar luas dengan padi yang masih hijau berkilau maupun yang sudah menguning.

Nanti Anda bisa mendatangi banyak area yang menawarkan berbagai keunikan lokal yang bisa Anda pelajari langsung. Ada galeri batik, pembuatan kerajinan berbentuk lukisan, cattage yang cantik dan ada juga sebuah restoran.

Anda juga bisa melihat berbagai macam proses pembuatan kerajinan di kota Jogja sepeti dompet, keranjang anyaman dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati suasana pedesaan sekaligus aktivitas di dalamnya.

Bahkan, homestay di Desa Wisata Tembi ini telah mendapatkan penghargaan sebagai homestay terbaik yang dibuat menyatu dengan suasana pedesaan dan alam tanpa dibuat-buat. Suasana yang ada di sini semuanya asli terbentuk dari kreatifitas masyarakat yang sangat peduli dalam melestarikan kebudayaan Jawa.

Di sana Anda bisa belajar banyak hal. Dan, sudah banyak wisatawan asing yang berkunjung ke sana untuk mempelajari sesuatu mengenai kebudayaan Jawa. Anda juga bisa lho, untuk gathering bersama rekan kantor atau saudara Anda.

Paket Kegiatan Desa Wisata Tembi:

  • Membatik Kain
  • Membatik Topeng Kayu
  • Membuat Kerajinan: Tempat pensil, tempat tisu.
  • Membuat Tembikar/Keramik
  • Tatah Sungging Wayang
  • Mewarnai Keramik
  • Belajar Membatik
  • Belajar Gamelan

 

Paket Kegiatan Kuliner:

  • Membuat Tempe Dele
  • Membuat Sagon

Paket Wisata:

  • Naik Dokar Keliling Desa Wisata
  • Berkendara dengan Dokar Keliling Tembi, Gabusan, Manding
  • Naik Dokar Tembi-Kasongan
  • Serunya naik Sepeda Ontel
  • Wisata Outbond
  • Menanam padi
  • Membajak Sawah

Lokasinya Desa Wisata Tembi

Tenang, lokasi dan rute perjalanan Desa Wisata Tembi sangat mudah dijangkau. Lokasinya, ada di Jalan Parangtritis km 8.5, Timbuharjo, Sewon, Bantul. Anda bisa menuju ke sini dengan perjalanan 15 menit dari titik nol Malioboro. Banyak petunjuk jalan yang mengarahkan ke sana.

Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang bisa Anda akes melalui ponsel pintar Anda. Anda hanya tinggal mengetik Rumah Tembi kemudian akan muncul petunjuk jalan lengkap untuk Anda bisa mengakses perjalanan menuju ke sana.

Aktivitas di Rumah Tembi

desa wisata tembi

sumber: visitingjogja.com

Selain memilih paket wisata dan paket kegiatan yang ingin Anda pilih dan lakuykan, Anda juga bisa lho melakukan beberapa hal lain, selama berkunjung Rumah Tembi.

Pertama Anda bisa masuk ke Museum Rumah Budaya Tembi yang mempunyai beberapa koleksi variatif, berupa peralatan tradisional Jawa, antara lain peralatan dapur seperti tungku dan dandang, senjata berupa keris dan tombak, peralatan bertani berupa bajak, foto jaman dulu, poster kuno, sepeda motor kuno.

Anda juga bisa mengunjungi perpustakaan yang ada di Desa Tembi yang mempunyai jumlah naskah sebanyak 5.000 buah. Jadi, selain Anda bisa bersenang-senang menikmati alam pedesaan, Anda juga bisa mengunjungi perpus untuk melihat isi naskah yang ada di dalamnya.

Anda juga bisa melihat berbagai pertunjukan seni, beruba tarian nasional, pertunjukan wayang lokal, yang biasanya diadakan pada bulan-bulan tertentu. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu sebelum datang supaya tepat waktu.

Dan, di sana, Anda juga bisa berenang lho. Banyak kolam renang yang ditawarkan di Desa Tembi. Jadi, setelah lelah berkeliling, Anda bisa memanjakan diri Anda untuk mencebur menyatu bersama air kolam renang yang segar dan bewarna biru.

Yuk Datang Ke Rumah Tembi Bersama Kami

Nah, jika sudah membaca ulasan tentang rumah tembi, pastinya Anda sudah tidak sabar ingin pergi ke sana. Daripada ribet karena membuat perencanaan sendiri, Anda bisa lho pilih agen wisata Jogja, agen wisata terbaik di Jogja, agen wisata murah di Jogja bersama kami. Kami selalu menyediakan sewa mobil Jogja lepas kunci yang lengkap.

Anda juga bisa memilih paket wisata sendiri. Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata terbaik di Jogja yang lain bersama kami. Tanpa ribet, tanpa banyak syarat. Yuk langsung saja hubungi kami, dan meluncurlah ke Rumah Tembi Jogja! Happy Holiday!