Daftar Objek Rekreasi Di Sulawesi Selatan yang Terkenal

Objek rekreasi di Sulawesi Selatan pantas didatangi untuk anda yang ingin berekreasi dalam negeri. Sebetulnya Indonesia itu kaya dengan keberagaman dan banyak wisatawan luar negeri juga tertarik berkunjung Indonesia. Hingga untuk masyarakat Indonesia, berekreasi dalam negeri juga dirasakan menyenangkan dan mengasyikkan apa lagi bila bersama rekan atau bagian keluarga yang lain.

Ibu-kota Sulawesi Selatan ialah Makassar, di kota Makassar ini bisa banyak diketemukan keelokan alam bawah lautnya, kaya budaya dan riwayat bahkan pemandangan alam yang mempersejuk mata. Bukan hanya hanya itu, Makassar populer dengan kulinerannya. Kulineran Makassar yang paling populer ialah coto Makassar.

Untuk anda yang ingin bertandang ke Sulawesi Selatan anda sebaiknya membuat daftar daftar beberapa tempat rekreasi yang hendak anda datangi. Janganlah sampai saat ada di sana, anda kebingungan ke mana anda akan berlibur lebih dulu. Ketidaktahuan yang ada malah menghabiskan waktu.

Berikut ialah beragam tempat di Sulawesi Selatan yang pantas buat anda pikirkan:

Losari ( Objek rekreasi di Sulawesi Selatan )

Salah satunya tempat wisata di sulawesi selatan yang perlu anda datangi ialah Pantai Losari. Pantai ini sebagai icon-nyasimbolnya propinsi Sulawesi Selatan. Pantai ini populer dengan keelokan alamnya. Pantai ini bukan hanya populer di Makassar saja tetapi telah populer di semua Indonesia. Tiap tempat rekreasi tentu mempunyai keunikannya masing-masing begitupula dengan Pantai Losari.

Pantai Losari ini mempunyai keunggulan dan kekhasan. Bila di pinggir pantai kita akan mendapati pasir di tepi pantai tetapi di Pantai Losari ini kita tidak mendapati pasir tetapi akan mendapati beton di tepi pantai.

Bukan hanya pantainya saja yang unik, pantai ini mempunyai olahraga air yang pantas untuk dicoba, misalkan saja ialah banana boat, sepeda air, melingkari pantai memakai perahu, memancing atau sekedar hanya jogging di tepi pantai. Sunrise dan sunset di pantai ini benar-benar cantik, anda dapat menyaksikan timbulnya matahari dan tenggelamnya matahari di Pantai Losari ini.

Taman Laut Taka Bonerate ( Objek rekreasi di Sulawesi Selatan )

Makassar populer dengan taman bawah lautnya yang cantik, salah satunya taman laut yang cantik dengan daya tarik bawah lautnya ialah Taman Laut Taka Bonerate. Di taman laut ini anda dapat menyaksikan terumbu karang dan beragam jenis biota laut yang berada di dalamnya. Letak taman laut ini berada di Kepulauan Selayar.

Taman bawah laut ini ialah surganya untuk orang yang menyukai lakukan olahraga laut seperti snorkeling, diving dan lain-lain. Pelancong bukan hanya disodori dengan pemandangan bawah laut yang cantik tetapi pelancong tidak alami kantong kering karena biaya masuk ke taman laut ini lumayan murah.

Untuk masuk ke lokasi rekreasi ini pengunjung cuman dikenai biaya sekitaran 25 ribu rupiah saja, sedang untuk yang ingin menyelam dapat sewa peralatan menyelam dengam harga 250 ribu rupiah. Ticket masuk dan ongkos sewa seeaktu-waktu dapat berbeda.

Taman Nasional Bantimurung

Tempat rekreasi yang berada di Sulawesi Selatan yang dapat anda datangi selanjutnya ialah Taman Nasional Bantimurung. Letak lokasi rekreasi ini ada di kabupaten Maros. Jarak lokasi ini dengan kota Makassar sekitaran 45 km, taman nasional ini dikenal juga dengan kerajaan kupu-kupu karena pada tempat ini ada lebih kurang 250 spesies kupu-kupu.

Karena jumlahnya kupu-kupu di lokasi rekreasi ini, kupu-kupu dijadikan maskot di lokasi rekreasi ini. Luas Taman Nasional Bantimurung mempunyai luas 43.750 ha dan disekelilingnya ada bukit kapur, air terjun dan gua yang mempunyai panorama yang menarik.

Malino

Tempat rekreasi yang perlu didatangi saat ada di Sulawesi Selatan ialah Malino. Di Malino anda akan disuguhi panorama alam berbentuk pegunungan dan daratan tinggi. Udara di Malino ini benar-benar sejuk dan dapat beri kesegaran mata anda. Sudah pasti beberapa pengunjung akan kerasan lama-lama di tempat rekreasi yang ini.

Tempat rekreasi ini mempunyai jarak lebih kurang 90 km dari kota Makassar. Saat ke arah ke arah tempat rekreasi ini anda dapat menyaksikan jejeran rimba pinus dan cantiknya batu kapur. Tempat rekreasi ini sudah ada dan populer semenjak pada jaman Belanda.

baca : Tempat Rekreasi di Sulawesi Selatan yang Menarik Untuk Didatangi

Pantai Tanjung Bira

Tempat wisata di Sulawesi Selatan selanjutnya ialah Pantai Tanjung Bira. Tanjung Bira sebagai lokasi rekreasi berbentuk pantai dengan keelokan pasir putihnya. Pasir putih di lokasi ini warna putih dan lembut, air lautnya juga benar-benar jernih. Di tempat rekreasi ini pengunjung dapat menyaksikan ada dan tenggelamnya matahari.

Di muka pantai ini ada dua pulau namanya Pulau Liukang Loe dan Pulang Kambing tetapi tidak ada penghuni. Letak lokasi rekreasi ini lumayan jauh dari kota Makassar yakni sekitaran 200 km dari pusat perkotaan Makassar.

Bila anda dari kabupaten Bulukumba, jarak menempuh tempat rekreasi ini ialah 40 km. Tempat rekreasi ini sudah diperlengkapi dengan beragam jenis fasilitas rekreasi seperti tempat parkir, pemondokan, bungalow, motel, hostel, hotel, restaurant dan ada banyak kembali yang lain.

Teritori Tradisi Ammatoa

Untuk anda yang ingin menyaksikan tradisi istiadat di Sulawesi Selatan anda dapat bertandang ke arah tempat rekreasi Teritori Tradisi Ammatoa. Anda dapat menyaksikan cantiknya alam dengan kelestarian rimba yang berada di teritori rekreasi ini.

Di tempat rekreasi ini pengunjung akan menyaksikan rutinitas yang jauh dari kata kekinian. Ciri-ciri warga yang berada di teritori rekreasi itu ialah penduduknya akan memakai baju warna hitam sehari-harinya, untuk bangunannya banyak bangunan yang diseragamkan menghadap ke sisi utara. Oleh karenanya tidak ada bangunan yang menghadap selainnya ke utara.

Dalam warga tradisi Ammatoa, pimpinannya mempunyai gelar Amma Toa dengan lama kepimpinan sepanjang sepanjang umur. Letak teritori tradisi ini berada di kecamatan Kajang terletak 56 km dari kabupaten Bulukumba.

Ke’te Kesu

Dengar namanya pasti anda bertanya seperti apa tempat rekreasi itu. Makna dari Ke’te Kesu ialah pusat aktivitas. Di situ ada perkampungan, kerajinan ukir-pahatan dan ada makam didalamnya.

Pusat aktivitas di Ke’te Kesu dapat kelihatan karena ada jejeran rumah tradisi Sulawesi Selatan yang disebutkan dengan Tongkonan. Pengunjung dapat menyaksikan tempat rekreasi yang mengagumkan di situ.

Selainnya rumah tradisi, pengunjung akan menyaksikan lumbung padi dan bangunan megalith disekitaran lumbung padi itu. 100 mtr. dari perkampungan warga, pengunjung dapat menyaksikan makam yang berada di tebing dan tiba-tiba. Tiba-tiba ialah batu yang diberi pagar.

Pulau Bulupoloe

Pelancong yang menyukai dengan rekreasi bahari dapat berkunjung tempat rekreasi Pulau Bulupoloe. Daya tarik dari tempat rekreasi ini ialah keelokan alam dan keasrian dari rekreasi baharinya. Pantai yang terhampar dengan bentangan pasir putih yang berada di Pulau Bulupoloe menambahkan keelokan dari tempat ini.

Pantai pada tempat ini sedikit pencemaran udaranya hingga masih asri. Air laut yang berada di pulau ini condong bersih dan jernih dengan bermacam macam dari terumbu karang dan ikan yang hidup didalamnya. (simak juga: penyiapan untuk berlibur ke pantai)

Museum Balla Lompoa

Untuk yang menyukai dengan rekreasi pembelajaran anda dapat berkunjung Museum Balla Lompoa. Museum ini sebelumnya sebagai Istana Kerajaan Gowa yang sudah dilakukan rekonstruksi selanjutnya dijadikan sebagai sebuah museum.

Arsitektur yang berada di museum ini mempunyai wujud seperti rumah tradisi orang Bugis yang berupa pentas dan dibuat dari material dasar kayu ulin atau kayu besi. Luas tanah museum ini sekitaran satu hektar dan terbatasi oleh ada pagar tembok yang membubung tinggi.

Dalam museum ini pengunjung akan menyaksikan dan ketahui koleksi dari beberapa benda warisan Kerajaan Gowa. Museum ini mempunyai alamat di Jalan Sultan Hasanuddin Nomor 48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa kota Makassar.

Pulau Kapoposang

Pulau ini sebagai tempat rekreasi di Sulawesi Selatan dan sebagai salah satunya pulau dari rangkaian kepulauan Spermonder. Pulau ini simpan rangkaian beragam jenis terumbu karang yang paling cantik. Dalam terumbu karang itu ada beragam tipe biota laut yang memikat.

Tempat lokasi wisara ini berada di Dusun Mattiroujung, Kecamatan Liukang Tupabiring. Untuk dapat mencapai pulau ini pengunjung dapat naiki speed boat sama waktu menempuh 90 menit dari barat laut Makassar.

baca : 4 Tempat Liburan Peternakan di Jakarta buat Berlibur Keluarga

Pulau Dutungan

Pulau ini luasnya sekitaran 9 hektar dan mempunyai pasir putih yang cantik. Pulau ini akan dikitari oleh laut yang membiru. Pengunjung dapat kerasan beberapa jam ada di pulau ini. Dengan panorama yang demikian memikat pulau dutungan seolah pulau individu yang besarnya pantas pulau terasing.

Beberapa pelancong akan nikmati keelokan air laut yang warna biru. Dan Pualu Dutungan benar-benar pas untuk lakukan snorkeling. Lokasi tempat rekreasi ini berada di Dusun Cilelang dan jaraknya lebih kurang 48 km dari kota Baru.

Satu diantara keunggulan dari pulau dutungan ini, pulau ini cukup romantis untuk pasangan yang baru menikah untuk lakukan bulan madu. aktivitas yang sudah dilakukan dipantai akan makin menambahkan waktu bersama dengan pasangan. Biasanya pengunjung yang tiba akan bawa pasangannya nikmati keelokan pulau dutungan, khususnya saat matahari tenggelam. (simak juga: tempat rekreasi untuk bulan madu)

Air Panas Lejja

Tempat wisata di sulawesi selatan seterusnya ada tempat pemandian air panas lejja. Untuk anda yang rasakan pegal saat berkeliling-keliling tempat rekreasi di Makassar tidak ada kelirunya untuk mandi di Pemandian Air Panas Lejja.

Pemandian air panas dengan temperatur 60 derajat celcius ini dipercayai dapat hilangkan beragam jenis keluh kesah misalkan saja ialah gatal-gatal, pegal-pegal dan rematik. Rasa badan yang capek juga dapat lenyap saat badan sentuh air panas ini.

Letak pemandian air panas berada di wilayah pegunungan. Di sekitar pemandian air panas ada pemandangan alam yang cantik. Oleh karenanya udara disekitaran pemandian air panas termasuk sejuk dan beri kesegaran. Letak tempat Pemandian Air Panas Lejja berada di Dusun Bulu-bulu Kecamatan Marioriwa. Jarak tempuhnya ialah 44 km bila dilalui dari kota Watansoppeng.

Pusat Kerajinan Perahu Pinisi

Sulawesi Selatan persisnya di Tana Beru populer dengan pembikinan kapal atau perahu tradisionilnya. Saat pengunjung ada di sini pengunjung dapat melihat langsung begitu piawainya warga Tana Beru saat membuat kapal tradisionil. Mereka memercayakan material dasar kayu dan memakai perlengkapan yang tradisionil.

Dengan perlengkapan yang tradisionil mereka sanggup membuat perahu yang kuat dan mungkin saja besar. Warga membuat perahu berdasar pengalaman dan pengetahuan yang didapatnya dari leluhur mereka walau tanpa gambar atau media tercatat.

Dalam riwayat sudah terdaftar jika Perahu Phinisi Nusantara sanggup melaut ke arah Vancouver Kanada, AS pada tahun 1986. Jadi tidak salah bila Bulukumba disebut dengan bumi beberapa pakar pembikin Perahu Phinisi. Letak tempat rekreasi ini berada di pesisir kelurahan Tana Beru, Kecamatan Bantibahari dan jaraknya sekitaran 24 km dari kabupaten Bulukumba.

Pulau Samalona

Sulawesi Selatan banyak memiliki pulau, satu diantaranya ialah Pulau Samalona. Pulau ini mempunyai luas sekitaran 2.34 hektar dari kota Makassar. Pulau Samalona sebagai salah satunya pulau yang tersering didatangi oleh pelancong dalam negeri.

Mereka ke Pulau Samalona karena pulau ini mempunyai teritori yang baik untuk aktivitas menyelam, argumennya ialah karena di sekitar pulau ini ada karang laut dan didalamnya ada beragam jenis ikan tropis dan kehidupan biota laut.

Jarak pulau ini dari kota Makassar ialah 6,8 km dan jarak menempuh optimal sekitaran 30 menit bila memakai speed boat. Untuk yang ingin bermalam tak perlu cemas karena disekitaran pulau ini ada pemondokan simpel dengan model rumah pentas dan dapat dipakai untuk 20 orang. Bukan hanya hanya itu, untuk yang lapar dapat berkunjung warung makan dengan makanan ciri khas seafood yang fresh dari laut langsung.

Somba Opu

Lokasi rekreasi yang lain yang dapat didatangi ialah Somba Opu. Somba Opu sebagai benteng yang dibuat di tahun 1525 oleh Sultan Gowa kesembilan. Peranan benteng ini sebagai pusat perdagangan dan dermaga rempah-rempah.

Dahulu benteng ini ramai didatangi oleh pedagang dari Asia atau Eropa. Pada zaman penjajahan Belanda pada tahun 1969, benteng ini terkuasai oleh VOC dan dihancurkan. Benteng ini bahkan pernah tergenang oleh ombak pasang. Tetapi di tahun 1980-an benteng ini diketemukan oleh beberapa periset.

Persisnya di tahun 1990-an benteng ini dilaksanakan rekonstruksi hingga benteng ini terlihat lebih bagus. Benteng Somba Opu sekarang dijadikan tempat wisata yang monumental untuk kota Makassar. Dalam benteng itu ada sejumlah rumah tradisi ciri khas Sulawesi Selatan yang sebagai wakil beberapa suku didalamnya misalkan saja ialah suku Bugis, suku Makassar, suku Mandar dan suku Toraja. Bukti jika benteng itu telah ada semenjak zaman penjajahan ialah dalam benteng itu ada meriam yang panjangnya 9 mtr. dan beratnya 9.500 kg. Dalam benteng ada beberapa benda yang diangap monumental warisan dari kerajaan dan kesultanan Gowa.

Trans Studio Makassar

Untuk yang berekreasi ke Makassar bersama dengan anak-anak dan keluarga dapat berkunjung Trans Studio Makassar. Tempat rekreasi ini memilikiluas sekitaran 2,7 hektar dan ada 21 sarana hebat yang dapat anda coba bersama dengan keluarga anda. Lokasi rekreasi ini sebagai lokasi rekreasi bikinan dan kekinian.

Dahulunya saat sebelum jadi Trans Studio Makassar, tempat ini ialah theme park indoor paling besar yang ada di Indonesia bahkan juga yang berada di dunia. Dalam Trans Studio Makassar ada taman selingan dengan beragam topik, topik itu ialah Studio Central dengan topik Hollywood, Lost City dengan topik penjelajahan, Cartoon City dengan topik dunia kartun dan yang paling akhir ialah Magis Corner dengan sentuhan magic.

Bukan hanya sarana dan hiburannya saja yang memikat, bermacam restoran dan kafe turut meramaikan situasi di Trans Studio Makassar. Pengunjung juga tak perlu berpanas-panas riang dalam Trans Studio ini karena telah ada AC dalam Trans Studio Makassar. Lokasi rekreasi ini berada di Tanjung Bunga Makassar dan terletak dekat sama Pantai Losari sebagai icon kota Makassar. Sayang untuk masuk ke Trans Studio Makassar pengunjung harus keluarkan kantong yang mahal yakni sejumlah 100 ribu per-orang pada hari biasa, sedang untuk hari liburan/ tanggal merah atau akhir pekan ticket masuknya beralih menjadi 150 ribu per-orangnya.

baca juga : trip liburan murah jakarta ke pulau macan diskon 70%

Fort Rotterdam

Tempat rekreasi di Makassar yang dapat anda datangi ialah Fort Rotterdam. Tempat ini ada di pinggir pantai barat kota Makassar. Tempat rekreasi ini sebagai benteng sisa warisan kerajaan Gowa dan dibangun di tahun 1545 oleh raja Gowa ke -10.

Di saat dahulu saat Belanda akan menakhlukkan Kerajaan Gowa, armada dari VOC dapat dengan gampangnya masuk ke Sulawesi dan benteng ini juga dilaksanakan penggempuran oleh VOC. Belanda juga sukses masuk ke Sulawesi dan merusak rumah raja dan semua isi yang berada di dalam benteng.

Belanda memaksakan Sultan Hasanuddin saat itu untuk ingin menyepakati Kesepakatan Bongaya pada tahun 1667 dan salah satunya isi perjanjiannya ialah Sultan Hasanuddin harus memberikan benteng itu pada pihak Belanda. Saat diberikan ke Belanda, Belanda juga lakukan pembangunan ulangi dan mengatur kembali benteng itu sesuai arsitektur Belanda. Benteng itu juga oleh Belanda diganti namanya jadi Ford Rotterdam. Ticket masuk ke lokasi rekreasi ini sekitaran 10 ribu untuk per-orangnya.

Pulau Kodingareng Keke ( Objek rekreasi di Sulawesi Selatan )

Pulau ini mempunyai jarak sekitaran 14 km dari pusat perkotaan Makassar. Pulau ini sebagai pulau yang tidak ada penghuni atau sunyi. Daya tarik khusus dari pulau ini ialah air lautnya yang paling jernih dan mempunyai gradasi warna diawali dari biru muda, biru toska s/d warna biru tua.

Tidaklah sampai disana saja, daya tarik rekreasi pulau ini ada di alam bawah lautnya yang memesona. Di bawah laut ada beragam macam biota laut yang cantik. Untuk pelancong yang hoby lakukan snorkeling, pulau ini dijadikan arah rekreasi saat bertandang ke Sulawesi Selatan.

Kelemahan pada Pulau ini ialah tidak ada fasilitas khalayak sama seperti yang berada di Pulau Samalona. Pelancong yang ingin bertandang di pulau ini diharuskan untuk bawa bekal sendiri dimulai dari makanan, minuman, beberapa obat dan lain-lain. Untuk pelancong yang ingin bertandang ke Pulau Samalona seharusnya berkunjung pulau ini lebih dulu karena speed boat yang hendak dicarter pengunjung akan memberinya penawaran untuk berkunjung ke-2  tempat itu hingga dua pulau akan terlewati.

Salukang Karang

Lokasi rekreasi yang dapat didatangi oleh pelancong yang bertandang di Sulawesi Selatan ialah Salukang Karang. Salukang Karang sebagai gua yang besar dan mempunyai panjang sekitaran 12 km. Tetapi yang perlu jadi perhatian di sini yaitu tidak seluruhnya penghujung dapat masuk ke gua ini karena lokasinya yang dekat sama bukit-bukit kapur yang demikian terjal.

Bila semua pengunjung masuk ke gua Salukang Karang dicemaskan pengunjung akan berdesakan dan terjadi hal yang tidak diharapkan.

Cagar Alam Karaenta

Lokasi rekreasi ini berada di kabupaten Maros di Dusun Samangki. Cagar alam yang berada di sini berbentuk rimba lindung. Sebagai daya magnet untuk pelancong ialah cagar alam ini mempunyai gua dengan panjang sekitaran 2.200 mtr. dan jadi komunitas alami untuk beberapa kera.

Kera yang tinggal di gua ini ialah kera dengan tipe Macaca Maura dan terhitung dalam kera yang sangat jarang. Karena itu cagar alam ini dibikin memang sebagai tempat melesarikan hewan-hewan sangat jarang yang nyaris musnah. Tempat wisata ini menjadi satu diantara lokasi yang sah di untuk buat beberapa binatang primata.

Air Terjun Takapala
Lokasi ini masih tetap ada disekitaran Malino dan sebagai lokasi rekreasi yang lumayan ramai didatangi oleh pelancong. Air terjun ini sebagai versus mini dar air terjun Sipiso-piso yang berada di Medan Sumatera Utara.

Keelokan dari air terjun ini jadi daya magnet beberapa pelancong, tinggi air jatuh yang lumayan tinggi dari tebing yang disekelilingnya ada pohon-pohonan membuat tempat wisata di sulawesi selatan ini ramai untuk didatangi.

Danau Tempe ( Objek rekreasi di Sulawesi Selatan )

Janganlah lupa untuk berkunjung danau sebagai icon dari kota Makassar. Danau ini berada di Kabupaten Wajo dan sebagai danau pemroduksi air tawar paling besar yang berada di dunia. Kekhasan dari tempat rekreasi ini ialah di atas Danau Tempe ada rumah apung yang dipunyai oleh nelayan Danau Tempe. Rumah itu diperlengkapi dengan jaring-jaring ikan yang dipakai untuk menjala dan tangkap ikan. Untuk pelancong yang ingin bertandang kesini pelancong dapat lakukan aktivitas memancing atau melingkari danau memakai perahu sewaan yang dicarter dari nelayan di tempat. Pelancong dapat beli ikan fresh dan beragam jenis sayur yang ditanamkan oleh masyarakat di tempat disekitaran danau tempe.

Tiap tanggal 23 agustus pengunjung dapat menyaksikan ritus yang teratur dilaksanakan tiap tahun yang mempunyai tujuan untuk menyucikan danau, ritus itu disebutkan dengan Maccera Tappareng. Ritus itu akan lakukan ritus berbentuk pemotongan satu ekor sapi dan pemotongan itu dilaksanakan oleh kepala nelayan, sesudah pemotongan sapi diselenggarakan acara pergelaran seni budaya dan beragam jenis lomba untuk menyemarakkan acara itu.

Jalan Somba Opu ( Objek rekreasi di Sulawesi Selatan )

Objek rekreasi di Sulawesi Selatan ya Untuk yang ingin memburu oleh-olehan janganlah lupa bertandang ke Jalan Somba Opu. Berlibur tidak berasa komplet bila tidak dibarengi dengan oleh-olehan. Letak tempat rekreasi ini tidak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Rotterdam.

Jalan Somba Opu ini dipakai untuk tempat cari oleh-olehan ciri khas Makassar dan untuk masyarakat Makassar jalan ini dijadikan pusat untuk jual oleh-olehan ciri khas Makassar. Pengunjung dapat mendapati beragam jenis kerajinan ciri khas Makassar, makanan ciri khas s/d minyak gosok merek cap tawon.

Minyak gosok merek cap tawon sebagai minyak gosok yang terbanyak dicari pelancong dan dijadikan oleh-oleh terkenal. Minyak gosok ini saat berlibur banyak dibeli oleh pelancong. Saat pengunjung ingin beli minyak gosok cap tawon sebagai oleh-olehan, pengunjung harus tahu watakisik dari minyak tawon yang hendak dibelinya.

Ada dua tipe minyak tawon yang berada di sana yakni minyak gosok dengan tutup putih dan warna merah. Minyak gosok dengan tutup putih mempunyai rasa panas semakin tinggi dibanding dengan minyak gosok dengan tutup merah. Dari sisi harga juga berlainan di mana minyak gosok tutup putih tambah mahal dibanding yang tutup merah. Oleh-olehan yang dapat dibawa pulang yang lain ada miniatur dari kapal phinisi dalam botol. Harga juga bermacam ada yang murah s/d yang mahal.

Itu beberapa lokasi yang dapat dijadikan arah rekreasi saat ada di Sulawesi Selatan. Semua tempat memikat buat didatangi dan pas dijadikan tempat rekomendasi saat liburan di Sulawesi Selatan. Sayang anda harus tetap memerhatikan bujet anda, jangan memaksa diri bila memang bujet tidak memenuhi. Tetapi bila bujet memenuhi anda dapat memperoleh berlibur yang menyenangkan dengan berkunjung semua tempat rekreasi di Sulawesi Selatan.