Cara untuk Mencegah Penyakit Epilepsi

5 Mitos Seputar Epilepsi di Masyarakat yang Harus Diluruskan

Penyakit Epilepsi ini merupakan salah satu penyakit kambuhan, jadi gejalanya ini bisa muncul kapan saja dimana saja. Untuk mengobati penyakit yang satu ini tentunya tidak hanya di dukung oleh pengobatan dari dokter saja tapi menerapkan gaya hidup yang baik saat di rumah juga bisa jadi cara untuk mencegah epilepsy ini kambuh, cara yang bisa dilakukan adalah:

  1. Rajin minum obat

Obat untuk penderita epilepsy  ini sangat baik untuk mengendalikan kejang sampai 70%. Ikuti resep dari dokter dengan tepat supaya pengobatannya jadi lebih efektif dan kejang Anda bisa teratasi.

  1. Awasi pengobatan secara rutin

Anda harus mengecek kondisi Anda secara rutin mengenai pengobatan dari penyakit ini. cek kondisi Anda minimal 1 tahun sekali, mungkin di beberapa orang mengharuskan cek kondisinya lebih 1 kali dalam satu tahun.

  1. Jaga diri Anda

Anda harus selalu menjaga diri dan cari tahu kegiatan apa yang bisa membuat Anda tetap bugar. Selain menjaga kesehatan fisik, jaga juga kesehatan mental. Perhatikan juga penyakit minor dan kondisi kesehatan Anda di jangka panjang.

  1. Kenali pemicu

Beberapa orang yang mengalamii epilepsy hal ini tentunya bisa di picu oleh beberapa hal misalnya karena kurang tidur, stress, dan konsumsi minuman alcohol. Jadi Anda ini harus mengelola stress Anda dengan melakukan olah raga atau meditasi dan juga hindari hal –¬† hal yan bisa jadi pemicu.

 

Pencegahan penyakit epilepsi

  1. Mencegah terjadinya cedera kepala

Salah satu penyebab yang bisa membuat seseorang menderita epilepsy adalah cedera di bagian kepala, maka dari itu guna mencegah hal tersebut terjadi Anda ini harus selalu berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas. Gunakanlah selalu peralatan keamanan dan juga keselamatan saat sedang berkendara, dan selalu focus dengan keadaan sekitar.

  1. Terapkan gaya hidup sehat

Stroke dan juga penyakit kardiovaskuler ini bisa jadi meningkatkan risiko terjadinya penyakit yang satu ini. jadi Anda ini harus mengurangi untuk konsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan juga lemak, jangan lupa untuk selalu rajin olahraga, dan coba untuk berhenti merokok.

  1. Jaga kesehatan saat hamil

Penyakit yang satu ini sangatlah beresiko pada ibu yang sedang hamil, jadi sebaiknya sebelum Anda merencanakan untuk melakukan kehamilan sebaiknya lakukan pemeriksaan dan juga tes kesehatan dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Saat hamil juga jangan lupa selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

 

Hubungi tim meedis jiga terjadi gejala

  • Walapun kejang yang pertama kali tetap cari bantuan supaya Anda jadi lebih yakin
  • Jika kejang terjadi lebih dari 5 menit, lalu terjadi lagi kejang selanjutnta dan korban juga tidak bisa sadar setelah kejang selesai.
  • Sulit untuk sadar
  • Sulit untuk bernafas
  • Kejang terjadi di dalam air
  • Mengamali cedera saat kejang
  • Sedang hamil saat kejang
  • ragu-ragu

Jika kejangnya terjadi dalam posisi duduk biarkan orang tersebut pada posisinya yang penting Anda ini pastikan dia tetap aman saat duduk. Cukup sangga bagian kepalanya sampai selesai. Di beberapa kasus juga ada yang harus dalam posisis tidur supaya jalur pernafasannya tidak tersumbat. Jika Anda muntahan atau air segera pindahkan korban dalam posisi menyamping. Tapi jika Anda kesulitan untuk memindahkan korban biarkan saja korban tetap pada posisinya tapi terus jaga kepalanya supaya tidak terkulai ke bagian belakang.