Cara Pasang Lantai Vinyl Sendiri di Rumah

Bagi Anda yang berniat untuk mengubah interior dalam rumah namun tidak ingin menghabiskan banyak biaya, maka melakukan make over sendiri bisa dicoba. Salah satunya dengan memasangkan pasang lantai vinyl sendiri atau tanpa menggunakan jasa tukang.

Cara Pasang Lantai Vinyl Sendiri di Rumah

Cara Pasang Lantai Vinyl Sendiri di Rumah

Tentunya Anda pernah sesekali melihat bagaimana bersihnya tampilan dari lantai vinyl rumah sakit. Tidak jarang pasti jika ingin memiliknya sendiri di rumah. Nyatanya keinginan ini dapat diwujudkan bahkan dengan memasang sendiri. Pertama-tama, persiapkan terlebih dahulu sebelum pemasangan.

  1. Tahap Persiapan dan Pengukuran

Anda perlu mengukur luasan lantai yang harus ditutup dengan lapisan vinyl tersebut. Belilah melebihi sedikit sebagai cadangannya. Selanjutnya pindahkan semua barang di dalam ruangan agar tidak mengganggu proses pengerjaan. Bersihkan dan pastikan tanpa ada kotoran sama sekali.

Pasalnya, vinyl harus dipasang pada lantai yang rata, bebas dari gelombang, lubang dan sebagainya. Anda bisa menggunakan lapisan terlebih dahulu seperti kayu lapis. Selanjutnya ikuti beberapa tahapan pemasangan berikutnya mulai dari penyusunan, pemasangan lem dan dibiarkan selama beberapa jam.

  1. Pemilihan dan Pemasangan Vinyl Tile

Bagi Anda yang memilih vinyl tile dengan bentuk seperti keramik pada umumnya, maka pilihlah ukuran 30 cm x 30 cm. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penyusunannya agar benar-benar simetris saat dipasang.

Sebaiknya pemasangan vinyl tile ini dimulai dari bagian tengah terlebih dahulu baru mengarah ke luar. Berikutnya Anda bisa mengaplikasikan lem menggunakan kuas cat dan dimulai pada sudut ruangan sampai merata.

  1. Tahap Finishing

Anda perlu meletakkan vinyl tile satu demi satu secara berurutan. Pastikan jika cara peletakan ini pada posisi yang tepat sehingga tidak perlu  lagi digeser ataupun ditarik karena bisa menggeser permukaan dari perekatnya. Selanjutnya harus ditekan-tekan kuat setelah sudah diaplikasikan.

Tahap paling akhir yakni hanya perlu mendiamkannya saja agar lem benar-benar mongering. Pasalnya penguapan dari bahan pengerat ini mememerlukan waktu cukup lama sehingga butuh dibiarkan agar kering sempurna.

Itulah tadi beberapa cara mengenai pemasangan lantai vinyl di rumah yang dapat Anda lakukan sendiri. Tidak hanya tersedia dalam harga terjangkau namun juga sangat mudah pengaplikasian dan pemasangannya. Sementara biaya perawatannya juga dapat ditekan.