AC

 

Dalam percakapan biasa, ketika istilah AC disebutkan, orang secara otomatis mengartikannya sebagai suhu ruang pendingin. Secara teknis, AC adalah proses pengendalian suhu ruangan melalui berbagai cara yang melibatkan ventilasi, pemanas, dan pendinginan. Dalam konstruksi, ini disebut HVAC.

Pada tahun 1902, Bursa Efek New York adalah gedung pertama yang menggunakan unit AC yang secara terpisah mendinginkan dan memanaskan udara. Belakangan tahun itu, Willis Havilland Carrier memasang unit AC yang dijalankan secara elektrik pertama di sebuah pabrik percetakan. Unit ini tidak hanya mendinginkan udara tetapi juga mengontrol kelembapan.

Pada masa itu, AC banyak digunakan di fasilitas manufaktur untuk memperbaiki produk dengan cara mengontrol pengaruh kelembaban, sehingga dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Beberapa dekade kemudian, pada 1950-an, rumah dan mobil mulai dilengkapi dengan teknologi AC.

Unit AC mendinginkan udara melalui refrigeran, zat yang mengubah suhu udara. Pada tahap awal perkembangannya, unit AC menggunakan gas berbahaya seperti amonia dan metil klorida sebagai refrigeran. Mereka segera digantikan oleh jenis bahan kimia lain, zat yang dipatenkan yang disebut Freon.

Freon aman bagi manusia. Namun, ini berbahaya bagi lingkungan. Saat dilepaskan ke atmosfer, gas klorofluorokarbon ini diyakini menjadi faktor penyebab menipisnya lapisan ozon. Sebagian besar unit AC yang dijual saat ini masih menggunakan jenis gas ini, khususnya HCFC R-22. Dikatakan, para pecinta lingkungan harus menunggu hingga 2010 untuk melihat total pemberantasan HCFC R-22 di pendingin udara hingga.

Unit AC memiliki berbagai jenis siklus pendinginan. Jenis pertama menggunakan pompa panas yang mengeluarkan udara panas dari ruangan dan menghembuskan udara dingin melalui kompresor. Pompa tipe kedua di dalam refrigeran. Ketika refrigeran menguap, refrigeran mengambil udara panas dan meninggalkan udara dingin.

Penyejuk Udara [http://www.WetPluto.com/Air-Conditioning.html] memberikan informasi rinci tentang Penyejuk Udara, Reparasi AC, Penyejuk Udara Sentral, Penyejuk Udara Otomatis dan banyak lagi. Penyejuk Udara berafiliasi dengan Chiller Rentals [http://www.e-chillers.com].

 

sumber : service ac di pekanbaru