7 Alasan Digital Marketing Sangat Penting untuk Membantu Pertumbuhan Bisnis

Digital Marketing merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh oleh perusahaan  untuk memasarkan bisnis yang sedang mereka kelola. Aktivitas pemasaran dinilai penting dalam perusahaan dikarenakan pemasaran sangat menentukan keberlangsungan sebuah bisnis.

Tanpa adanya pemasaran bisnis yang anda jalankan akan sangat sulit untuk berkembang. Sebab sangat sedikit sekali orang yang mengetahui keberadaan perusahaan anda.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, aktivitas pemasaran mulai berkembang. Anda sebagai pebisnis bisa melakukan pemasaran lewat dua cara, pertama melalui offline dan yang kedua melalui online.

Pemasaran secara online mungkin belum banyak diterapkan layaknya pemasaran secara offline. Hal ini dirasa wajar, sebab teknik pemasaran melalui offline telah lebih dulu berkembang dibandingkan pemasaran online.

Padahal dengan kombinasi yang tepat antara kedua teknik pemasaran ini dapat membantu anda sebagai pebisnis untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan.

Oleh karena itulah saat ini kami akan membahas tentang apa saja manfaat digital marketing dan apa alasannya setiap perusahaan perlu menerapkan digital marketing.

Digital Marketing Menciptakan Interaksi

Alasan pertama mengapa digital marketing sangat penting untuk pertumbuhan bisnis adalah karena kemampuannya yang bisa melakukan interaksi secara langsung kepada pelanggan.

Salah satu teknik digital marketing adalah dengan menggunakan website dan media sosial yang dimiliki oleh perusahaan. Melalui kedua sarana ini anda sebagai pebisnis dapat memberikan informasi terbaru yang berkaitan dengan perusahaan. Bisa informasi tentang produk terbaru, diskon yang akan diadakan, dan lain sebagainya.

Kemudahan masyarakat mengetahui setiap produk atau jasa yang anda tawarkan akan menciptakan sebuah loyalitas pasar terhadap perusahaan. Sehingga akhirnya akan semakin besar pula peluang pasar yang bisa didapatkan.

Terciptanya Peluang yang Lebih Besar

Saat ini pengguna internet terus bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikan internet sebagai alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan berbagai produk dan jasa secara lebih luas.

Kombinasi digital marketing melalui media sosial, iklan, SEO, dan website sering kali digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

Mengapa digital marketing memiliki efek meluaskan pasar yang dimiliki ?

Hal ini dikarenakan sebagian besar digital marketing memiliki sebuah efek yang bernama direct marketing. Artinya pesan yang disampaikan lewat digital marketing tidak memiliki hambatan dan langsung menuju target pasar yang diinginkan oleh perusahaan.

Mendapatkan Target Pasar

Seperti yang telah disinggung dari penjelasan diatas, dimana digital marketing mampu mendapatkan target pasar yang diinginkan oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan saat perusahaan menggunakan digital marketing, mereka dapat langsung berfokus pada potensi pembeli yang memiliki ketertarikan yang sama dengan berbagai produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

Mendapatkan Pendapatan yang Lebih  Baik

Alasan selanjutnya mengapa digital marketing sangat penting untuk membantu pertumbuhan bisnis dikarenakan potensi menghasilkan pendapatan yang lebih baik.

Hal ini disampaikan sendiri oleh Google yang menyatakan bahwa perusahaan yang mampu menerapkan strategi digital marketing memiliki harapan pertumbuhan pendapatan sebesar 2,8 kali. Bukan Cuma itu saja bagi pengusaha UMKM ternyata potensi pertumbuhan pendapatan bisa lebih besar yaitu sebanyak 3,3 kali.

Digital Marketing Lebih Hemat Anggaran

Perusahaan yang baru dirintis atau sebuah perusahaan yang masih memiliki skala yang kecil memiliki sumber daya modal yang lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan besar yang telah berkembang.

Dengan dimikian para pebisnis diatas membutuhkan cara alternatif yang lebih hemat anggaran untuk dilakukan.

Caranya bagaimana ?

Mulailah menggunakan digital marketing untuk diterapkan.

Lewat digital marketing anda sebagai pebisnis dapat mulai memasarkan berbagai produk dan mengenalkan perusahaan lewat media sosial atau melalui email marketing.

Sebuah survey yang dilakukan oleh Gartner Digital Marketing menyatakan bahwa sebanyak 28% pelaku bisnis akan mengganti anggaran pemasaran lewat saluran tradisional untuk kemudian diinvetasikan ke teknik digital marketing. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab sebesar 40% responden mengakui bahwa mereka telah mendapatkan penghematan yang cukup besar saat menggunakan teknik digital marketing untuk mempromosikan layanan dan produknya.

Mendapatkan ROI yang Tinggi

Biaya yang anda keluarkan untuk aktivitas pemasaran harus berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan. Artinya sangat tidak masuk diakal jika anda mengeluarkan biaya yang besar untuk kegiatan pemasaran tetapi anda tidak mendapatkan peningkatan penjualan produk.

Oleh karena itulah digital marketing menjadi pilihan yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan ROI yang lebih baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa disaat sebuah perusahaan mampu menerapkan digital marketing yang tepat. Hal tersebut dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap sebuah perusahaan. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan Digital marketing mampu membangun dasar bisnis online yang dapat terus berkembang jika dijaga dengan baik,

Anda Bisa Dikalahkan Kompetitor

Saat ini setiap perusahaan terus mengembangkan berbagai strategi digital marketing untuk meluaskan pasar yang dimiliki. Jika kalian hanya diam dan tidak melakukan hal yang sama, jangan salahkan jika suatu saat pasar yang kalian miliki terus berkurang karena mereka telah beralih kepada kompetitor.

Apakah sudah terlambat untuk memulai ?

Tidak ada kata terlambat untuk memulai digital marketing. Kalian dapat dengan segera melakukan aksi dan mulai melakukan digital marketing untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

Jangan pernah takut bersaing dengan para kompetitor yang telah lebih dulu masuk ke ranah digital marketing. Sebab yang menentukan berhasil tidaknya sebuah digital marketing adalah efektifitas bukan cepat lambatnya anda memulai aktivitas digital marketing