Konsep Ide Kolam Ikan Koi Minimalis

Untuk kalian yang memiliki rencana untuk membuat kolam ikan di pekarangan rumah ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatannya. Mungkin untuk membuat sebuah kolam ikan koi yang bagus perlu ada pertimbangan ditinjau dari luas halaman yang dimiliki, material, budget yang akan dikeluarkan serta konsep model kolam yang akan dibuat. Mungkin konsep ide kolam ikan yang minimalis akan sangat cocok diterapkan di rumah. Di bawah ini ada beberapa konsep model kolam ikan koi minimalis yang bisa kalian gunakan untuk referensi pembuatannya.

  1. Kolam Ikan Minimalis Bergaya Akuarium Outdoor

Kolam ikan ini bisa dijadikan alternatif dalam pembangunan kolam ikan yang berada di outdoor. Kolam ikan minimalis yang berada di teras dengan konsep outdoor dan perpaduan dari kaca serta konblok bisa menjadi pilihan. Kolam mini akan dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah, jadi pemasangan kaca dapat dilakukan di bagian samping kolam. Untuk ukuran kolam tidak haruslah besar karena kamu bisa dengan membuat ukuran kolam sekitar 2 x 1 x 0,5 m kubik. Kaca yang digunakan untuk pembangunan sisi kolam bukanlah kaca biasa namun harus menggunakan kaca khusus yang dapat menahan tekanan tinggi.

  • Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Konsep pembuatan kolam ikan minimalis selanjutnya ada dengan menggunakan batu alam. Dengan menggunakan batu alam kita bisa memanfaatkan material alami yang ada di sekitar. Untuk bisa mendapatkan batu alam ini cukup mudah, karena di daerah yang ada di Indonesia kebanyakan memiliki banyak macam jenis batu alam. Bahkan untuk membelinya pun tidak perlu menghabiskan banyak uang. Kolam yang akan dibuat membutuhkan semen dan pinggir kolam disusun dengan rapi menggunakan batu alam dari yang besar sampai yang terkecil. Lalu bisa ditambahi dengan tanaman hias di luar kolam. Kamu juga bisa menambahkan tambahan seperti air mancur agar bisa menambah kesan alami dan asri.

  • Kolam Ikan Minimalis Modern

Karena ikan koi adalah jenis ikan yang sering ada dalam kolam hias, maka konsep kolam jenis ini bisa dijadikan referensi utama dalam pembuatannya. Jenis kolam ini bisa diterapkan karena tidak menguras banyak uang. Kolam ini dibangun agak lebih tinggi dari bagian tanah, teras, atau pun halaman belakang rumah. Kolam yang dibuat dengan semen akan diberi ukuran yang memiliki bentuk garis-garis. Lalu pada bagian atas semen akan dilapisi dengan keramik kasar yang sering digunakan pada carport. Untuk kolam yang kedua bisa dengan menggunakan tanaman yang lebih tinggi dari kolam ikan. Kolam yang kedua bisa diberi sedikit celah untuk alir yang akan mengalir ke kolam pertama. Dan akan membutuhkan sebuah pompa untuk bisa mengalirkan air ke kolam kedua yang ada tanaman airnya.

  • Kolam Ikan Minimalis Bergazebo

Konsep kolam ikan ini sangat cocok untuk diaplikasikan dalam pembuatan kolam ikan koi. Kolam ini akan menghabiskan budget yang cukup lumayan besar karena memiliki sebuah atap. Kamu bisa menambahkan hiasan bebatuan alami di samping tanaman hias di jalan setapak yang digunakan untuk mengelilingi kolam. Keuntungan dari kolam ini akan membuat kondisi di sekitarnya hidup, karena kolam tersebut tampak seperti TV yang hidup selama 24 jam. Kamu juga bisa menambahkan efek lampu di sekitar kolam agar terlihat lebih warna-warni dan bercahaya.

Konsep ide kolam ikan koi minimalis di atas patut dicoba bagi kamu yang sedang ingin membuat rencana untuk membuat kolam ikan koi di rumah. Pastikan kolam yang kamu buat sesuai dengan kondisi ikan koi, karena jika tidak maka akan menimbulkan dampak yang negatif seperti ikan yang mati karena stres.