Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Haid

Menstruasi atau haid yang di alami oleh wanita merupakan kondisi dimana mengalami perubahan fisiologis pada tubuhnya yang di tandai dengan keluarnya darah dari rahim yang telah ovulasi secara berangsur-angsur di karenakan oleh terjadinya pielepasan lapisan endometrium dari rahim. Menurut syariat islam, bahwa wanita yang sedang mengalami masa haid dianggap tidak suci, hal ini berdasarkan dengan firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 222, berhubungan dengan ke utamaan haid di dalam islam. Oleh karna itu, pada masa haid wanita memiliki aturan, seperti hukum membaca Al-quran pada saat haid bahkan adab – adab lainnya yang melarang atau memperbolehkan untuk wanita haid melakukan suatu kegiatan – kegiatan tertentu. Hal ini sudah di atur dalam syariat islam serta perlu di pahami dan tentunya di laksanakan, walaupun selama haid kita bisa terus beramal, beribadah dengan baik kepada Allah SWT. Untuk itu mari kita ketahui bersama bagaimana adab wanita saat masa haid.

Pada saat haid, wanita tetap beramal yang berhubungan kesesama manusia, seperti halnya memperbanyak sedekah atau infaq, menjalankan berdakwah, menjalin tali silaturahim, melafazkan ucapan takbir saat hari raya, belajar dengan tekun dan sabar, melakukan kegiatan perbincangan ilmiah, khidmat masyarakat, melakukan kerja – kerja rumah dan melakukan keutamaan untuk berbakti kepada orang tua.Wanita tetap berbuat kebaikan untuk umat dan sodara muslim, seperti melakukan kegiatan menyediakan dan memberi makan untuk orang yang berpuasa, membantu mencuci peralatan sholat surau juga masjid, menjaga kebersihan diri dan menjalankan adab wanita saat diluar rumah, bersabar serta menjaga tutur kata, berkhidmat pada suami dan keluarga dan membantu melaksanakan urusan rumah. Tetaplah untuk selalu mendengar ceramah islami, yaitu membaca Al-Ma’thurat, mendengar ceramah melalui media, selalu mendengarkan bacaan Al-Quran, menghadiri serta mendengarkan majlis-majlis ilmu yang di adakan, dan membasuh pakaian beribadat. Kemudian tetap untuk memuji asma Allah dan juga bershalawat, membaca dzikir asmaul husna, memuhasabah dan juga menghitung diri dan lain sebagainya. Selanjutnya tidak boleh untuk meminta talak, sorang suami tidak boleh melakukan thalak saat sang istri sedang keadaan haid, dan menjadi thalak bid’i yang sangat dilarang seperti yang dijelaskan Ibnu Katsir dalam tafsirnya. Tidak boleh berdiam diri di masjid jika tidak ada keperluan penting lainnya. Wanita yang sedang haid juga tidak di perbolehkan untuk membaca Al-quran dan juga melakukan puasa, sesuai dengan HR. Tirmidzi dan juga banyak pendapat dari para ulama yang tidak memperbolehkan seorang wanita haid membaca Al-quran.

Walaupun sedang mempunyai hadas besar, wanita tetap di perbolehkan untuk berkasih sayang atau bermanja-manjaan dengan suaminya, dan juga tetap di perbolehkan berduaan serta membahagiakan suaminya. Namun untuk melakukan hubungan badan dengan suami saat wanita sedang haid tidak diperbolehkan. Saat sedang haid wanita tidak boleh bermalas-malasan dan harus tetap melakukan ibadah yang diperbolehkannya. Selain itu wanita haid juga perlu untuk tetap belajar serta mengamalkan ilmu agama dengan baik. Tentunya saat haid tidak boleh melakukan shalat wajib dan yang lainnya. Dan ketika berhaji diperbolehkan untuk beribadah namun tidak boleh thawaf sebelum suci, disesuaikan saja dengan adab wanita haid ketika berhaji. Terakhir jangan lupa untuk melaksanakan mandi wajib setelah selsai masa haid, ketahui dan pahamilah dengan benar tentang tata cara mandi wajibyang baik sesuai syariat islam. Sekian artikel ini semoga bermanfaat, wasalamualaikum wr wb.