Ciri-Ciri Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Era teknologi digital membuat cara-cara manual sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Demikian juga dengan kehadiran software akuntansi membuat manajemen keuangan perusahaan yang biasanya dilakukan secara manual mulai kurang diminati.

Dalam dunia akuntansi, munculnya accounting software memang membantu mempermudah pekerjaan akuntan terutama ketika harus membuat laporan keuangan. Selain hasil olah data yang akurat, aktivitas seputar akuntansi lainnya juga tidak memakan waktu lama.

Nah, untuk mendapatkan software akuntansi terbaik dan sesuai kebutuhan, perusahaan harus mengenali ciri-cirinya. Berikut ini ciri-ciri yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli aplikasi software akuntansi.

Memenuhi Standar Indonesia

Format neraca umumnya menjadi bagian pembeda antara laporan keuangan Indonesia dengan perusahaan di negara asing. Negara luar biasanya menggunakan bahasa Inggris dalam laporannya.

Jika perusahaan Anda berada di Indonesia dengan mayoritas klien juga dari Indonesia maka pilihlah  software akuntansi yang berbahasa Indonesia. Ini sebuah persyaratan yang simpel namun sangat penting.  

Memenuhi Standarisasi Perusahaan

Semua perusahaan mempunyai standar operasional yang berbeda, tergantung dari skala perusahaan itu sendiri. Intinya semakin besar sebuah perusahaan maka semakin banyak prosedur yang perlu dijalankan.

Pastikan software yang Anda pilih mampu mengakomodasi semua kebutuhan perusahaan Anda. Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan sebelum membelinya.

Track Record Bagus

Pilih software akuntansi yang memiliki rekam jejak bagus. Jangan terlalu ‘termakan’ iklan yang menawarakan fitur-fitur unggulan namun perhatikan secara detail mengenai vendor, berapa lama software dikembangkan, apakah menyediakan update, dan sebagainya.

Review atau testimonial dari user sebelumnya juga sangat membantu apakah software tersebut layak Anda beli atau tidak.

Mudah Dioperasikan

User friendly merupakan ciri khas software terbaik untuk membantu manajemen keuangan perusahaan Anda. Semakin mudah dioperasikan semakin banyak user yang menggunakannya. Meskipun mudah digunakan namun jangan abaikan sistem keamanannya.

Lebih Fleksibel

Fleksibilitas merupakan ciri software akuntansi yang paling dicari saat ini. Fleksibilitas yang dimaksud artinya software yang digunakan mampu mengimbangi perubahan dalam alur perusahaan. Ini karena kebutuhan bisnis maupun strateginya kadang bisa berubah sewaktu-waktu.