Atasi Anemia Dengan Penanganan Alami Menyehatkan

Kondisi anemia adalah kondisi dimana darah merah dalam tubuh tidak dalam keadaan yang baik. Saat kualitas darah tidak dalam keadaan baik, maka hal itu akan mempengaruhi buruknya proses distribusi darah pada tubuh. Alhasil, tubuh akan merasa cepat lelah dan lemah. Saat gejala anemia semakin parah, maka memiliki wawasan lebih terkait penanganan penyakit ini adalah solusi yang harus segera Anda dapatkan. Salah satu cara yang bisa Anda pakai adalah dengan memasang aplikasi online layanan kesehatan. Contohnya adalah aplikasi sehatQ.com.

Dalam aplikasi sehatQ ini Anda bisa dapatkan informasi penanganan penyakit anemia dalam salah satu fiturnya, yakni artikel kesehatan. Ada banyak cara yang bisa diaplikasikan untuk menangani anemia. Agar lebih aman, Anda bisa gunakan cara alami untuk menjaga diri Anda saat dalam kondisi anemia.

Apa Saja Tindakan Penanganan Alami Anemia?

Bagi Anda yang saat ini sedang menderita anemia, maka berikut di bawah ini ada beberapa tindakan alamiah yang bisa mulai Anda biasakan untuk mengatasi penyakit anemia. Diantaranya adalah seperti :

  • Konsumsi kandungan zat besi

Sumber zat besi dapat diperoleh dari dua asupan makanan, yakni hewani dan tumbuhan. Keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan mendapatkannya. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi adalah seperti daging merah dari sapi dan kambing, seafood, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

  • Perbanyak asupan vitamin c

Saat asupan zat besi telah terpenuhi, maka ada baiknya Anda juga menyeimbangkan dengan asupan vitamin c. Vitamin c ini akan berperan untuk menyerap lebih optimal zat besi yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, asupan vitamin c juga dapat menambah kekuatan pada imunitas tubuh. Sumber vitamin c ada banyak sekali dari buah dan sayur seperti tomat, jeruk, jambu, kubis, brokoli, dan lain-lain.

  • Konsumsi buah bit atau delima

Kedua jenis buah ini cukup bagus dalam pembentukan darah merah. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa campurkan jus buah ini dengan berbagai bahan buah lain seperti buah apel. Sebagai informasi, buah delima diperkaya dengan kandungan zat besi dan juga kaliumnya. Kandungan ini nantinya akan mengoptimalkan pengangkutan zat besi ke seluruh bagian tubuh.

  • Perbanyak minum air putih

Sebagian besar sumber energi tubuh juga diperoleh dari asupan minum air putih. Dalam kesehariannya, pastikan Anda meminum air putih dalam kadar yang cukup.

  • Memilih gerakan olahraga yang tepat

Saat seseorang menderita anemia, maka ia tidak bisa dengan bebas melakukan gerakan olahraga. Ada bebey gerakan olahraga yang sebaiknya dihindari dan ada pula gerakan olahraga yang bisa diaplikasikan. Terkait jenis olahraga apa yang bisa dilakukan oleh penderita anemia ini, Anda bisa konsultasikan pada dokter kepercayaan Anda. Atau Anda juga bisa masuk pada forum diskusi yang ada di aplikasi sehatQ.

Anemia seringkali dianggap sebagai jenis penyakit yang sepele. Penyakit ini memang bisa disembuhkan, namun tentu hal ini harus diimbangi dengan penjagaan pola hidup yang sehat. Jika anemia dibiarkan tanpa dilakukan tindakan medis untuk menyembuhkannya, maka bisa jadi anemia menjalar menjadi penyakit yang lebih akut dan membahayakan nyawa Anda.

Sebagai tambahan, Anda bisa konsumsi berbagai suplemen atau vitamin penambah darah dan nutrisi untuk tubuh Anda. Perihal jenis suplemen yang harus Anda konsumsi ini adalah suplemen dengan kandungan vitamin c, b9 dan b12. Jangan biarkan anemia jadi lebih akut, biasakan pola hidup sehat dari sekarang.